24/01/2014 15:26:02

Kurang Minum Ganggu Konsentrasi

Orang sering kali lupa menjaga tubuh agar tetap sehat. Kesibukan sobat dokterkecil.com salah satu penyebab kurang minum air putih.

 

Pada umumnya, manusia minum dua liter air atau delapan gelas air setiap hari. Hal ini dipicu oleh rata-rata pengeluaran urin orang dewasa sekira 1,5 liter per hari. Air juga keluar melalui pernapasan, keringat, dan pergerakan usus. Adapun makanan hanya menyumbang 20 persen dari jumlah total yang diperlukan tubuh, dan air yang kita minum akan menggantikan cairan tubuh yang hilang.

 

Dalam tubuh setiap orang berisi cairan sekira 60 persen. Sehingga manfaat air untuk menjaga sistem tubuh sangatlah penting. Tubuh yang kurang cairan bisa menyebabkan dehidrasi, sehingga organ tubuh tidak berfungsi secara normal.

 

Menurut penelitian tahun 2009, sebanyak 46,1 persen dari 1.200 penduduk Indonesia di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan mengalami dehidrasi ringan. Sedangkan jumlah remaja yang mengalami dehidrasi ringan lebih tinggi dibanding orang dewasa, yaitu 49,5 persen banding 42,5 persen. Salah satu penyebab tingginya angka dehidrasi ini karena rendahnya pengetahuan tentang fungsi air bagi tubuh.

 

Kurang minum bukan hanya menyebabkan terjadinya dehidrasi pada tubuh. Namun bisa membuat otak kurang konsentrasi dan tidak bisa menangkap pelajaran dengan baik. Gejala lainnya yang lebih parah jika tubuh mengalami kekurangan asupan air, yaitu darah akan mengental sehingga rasa capai berlebihan, lesu, dan sering mengantuk. Hal tersebut karena cairan dalam darah tersedot untuk kebutuhan lain di dalam tubuh.

 

Nah sobat dokterkecil.com, sudah mengetahui bagaimana manfaat air bagi tubuh. Yuk, mulai sekarang penuhi konsumsi air minum minimal delapan gelas setiap hari.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Kurang Minum Ganggu Konsentrasi