24/01/2014 15:26:02

Mengunyah Es Batu, Asyik tapi Bahaya!

Bagi sebagian orang, menggigit es batu pasti akan terasa ngilu. Namun bagi sebagian yang lain, menggigit bahkan mengunyah es batu justru terasa mengasyikkan. Ketika minuman di dalam gelas sudah tandas, orang ini lantas dengan asyik mengunyah es batu yang tersisa, menimbulkan suara gemerutuk.

 

Asyiknya mengunyah es batu, mungkin bagi sebagian orang hanya menikmati mengunyah sesuatu yang dingin di dalam mulut. Orang yang lain menyukainya karena ada rasa dingin yang tiba-tiba muncul, menggantikan rasa panas di dalam mulut.

 

Kebiasaan mengunyah es batu menyebabkan kerusakan gigi. Es juga bisa mengikis lapisan gigi, kerusakan itu akibat aktivitas gigi dalam mengunyah suatu makanan yang keras dalam waktu lama. Akibatnya, gigi yang terkena bisa menjadi lebih pendek. Atau, ketika kita mengunyah es dalam jumlah banyak, bisa-bisa seluruh gigi bisa rontok.

 

Sobat dokterkecil.com, kebiasaan mengunyah es batu harus segera dihentikan dan disarankan untuk mengganti es batu dengan minuman yang dingin agar gigi tidak semakin rusak.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Mengunyah Es Batu, Asyik tapi Bahaya!