24/01/2014 15:26:01

Tips Mudik Lebaran

Pada liburan Hari Raya Idul Fitri biasanya sobat dokterkecil.com, merencanakan pulang kampung atau mudik untuk merayakannya bersama keluarga besar.

 

Bagi pemudik yang menempuh perjalanan jauh dan menghadapi kepadatan lalu lintas yang luar biasa, keinginan untuk segera sampai di tempat tujuan dan saat berangkat yang seringkali dipaksakan relatif mendadak tanpa persiapan. Ada beberapa tips agar perjalanan mudik lebih nyaman sebagai berikut:

1. Sempatkan untuk memeriksakan kesehatan beberapa hari menjelang perjalanan mudik.

2. Siapkan obat-obatan pribadi/khusus bagi yang sakit menahun, atau obat-obat persediaan lain, seperti obat sakit kepala, sakit maag, dan obat diare yang mungkin diperlukan dalam perjalanan.

4. Usahakan untuk bisa istirahat yang cukup sebelum berangkat. Jangan memaksakan berangkat dalam kondisi kurang tidur karena sangat berbahaya.

5. Jangan makan makanan atau minum-minuman yang merangsang pencernaan, seperti makanan yang terlalu asam, pedas, dan lain sebagainya, baik sebelum maupun selama perjalanan.

6. Minum air yang cukup, agar tubuh cukup cairan.

7. Kosongkan kotoran yang ada dalam tubuh Anda sebelum berangkat. Jangan membebani pikiran dalam perjalanan dengan “ingin kebelakang”.

8. Berhenti untuk istirahat setelah perjalanan selama sekitar tiga jam, atau bertukar pengemudi. Selama istirahat paksakan pergi ke toilet, serta lakukan olahraga/senam ringan untuk melemaskan badan dan melancarkan peredaran darah.

9. Jangan paksakan untuk tetap berkendara bila sudah merasa kantuk. Karena Anda mungkin akan mengemudi dalam keadaan tidur dan bermimpi dan seolah Anda tetap dapat melihat jalan dengan sangat jelas.

10. Untuk mobil yang ber-AC, jangan tutup kaca sepanjang perjalanan. Sekali-sekali buka jendela agar udara segar dapat dan  terjadi sirkulasi, sehingga cukup oksigen di dalam kabin.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Tips Mudik Lebaran