24/01/2014 15:26:02

Tak Semua Makanan Aman Disimpan di Kulkas

Menyimpan makanan di dalam kulkas memang dapat membuat bahan makanan lebih tahan lama. Namun, tidak semua bahan makanan bagus disimpan dalam kulkas karena ada beberapa bahan makanan yang nilai gizi malah berkurang, dan rasanya pun bisa berubah jika disimpan dalam kulkas.

 

Berikut bahan makanan yang sebaiknya jangan disimpan di kulkas:

 

Tomat

Tomat bukanlah buah, tapi tergolong sayuran yang sebenarnya lebih baik di suhu panas ketimbang dingin. Lemari es bukanlah tempat yang cocok untuk menyimpan tomat karena bisa membuatnya bertepung. Tomat yang disimpan dalam kulkas menjadi layu dan meskipun masih bisa dipakai untuk dimasak namun tidak untuk dimakan segar. Simpanlah di meja yang tidak terpapar langsung oleh sinar matahari.

 

Kentang

Kentang menyukai suhu yang sejuk, tapi tidak dingin. Sayuran ini akan segar bila disimpan pada suhu sekitar 10 derajat lebih hangat daripada suhu rata-rata kulkas. Simpanlah dalam kantung kertas karena membuat kentang bisa bernapas, sedangkan plastik membuat kentang membusuk lebih mudah.

 

Bawang

Untuk menjaga agar kulit bawang tetap kering, simpan dalam ruangan kering seperti dapur yang tidak lembap. Kurangnya sirkulasi udara dalam kulkas juga akan menyebabkan bawang rusak.

 

Mangga

Mangga yang belum matang lebih baik simpan pada suhu ruangan agar cepat matang. Selain itu, menyimpan mangga juga dapat membuat kulitnya mengkerut dan daging buahnya menipis, sehingga mengurangi kelezatan rasanya.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Tak Semua Makanan Aman Disimpan di Kulkas