24/01/2014 15:26:02

Asam Jawa Cegah Rambut Rontok

Asam jawa dikenal sebagai bumbu dapur yang berguna menambah cita rasa masakan. Namun, dibalik rasanya yang asam ternyata asam jawa memiliki banyak.

 

Bumbu dapur yang memiliki cita rasa asam ini mengandung senyawa kimia yang bermanfaat bagi tubuh, seperti asam sitrat, asam appel, asam tartar, pectin, asam anggur, asam suksinat, dan gula. Kulit bijinya mengandung phlobatanin dan bijinya mengandung albuminoid serta pati.

 

Asam jawa bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit antara lain:

 

Asma

Caranya dengan merebus 2 potong kulit asam jawa dan adas pulawaras dalam 1 liter air mendidih lalu saring. Tunggu hingga suhu air agak dingin dan siap diminum. Konsumsilah minuman ini secara teratur 2 kali sehari.

 

Batuk Kering

Caranya, rebuslah 3 polong buah asam jawa dan setengah gengggam daun saga dalam 4 gelas air hingga mendidih dan tinggal 1 gelas air. Saring air rebusan tadi dan minum bila sudah dingin. Konsumsilah minuman tersebut 2 kali sehari setiap pagi dan sore

 

Sariawan

Caranya, rebuslah 2 polong buah asam jawa, 2 rimpang temulawak sebesar ibu jari dan1 potong gula kelapa sampai mendidih dan menyisakan 1 gelas air rebusan. Saring air rebusan tadi lalu minum.

 

Bisul

Caranya, tumbuk hingga halus 1 genggam daun asam jawa yang masih muda) dan 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari lalu tempelkan pada bagian yang sakit.

 

Mencegah rambut rontok

Sebelum keramas dengan shampo, kepala dipijat terlebih dahulu dengan buah asam jawa yang telah masak yang dicampur sedikit air. Kemudian rambut dicuci bersih.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Asam Jawa Cegah Rambut Rontok