24/01/2014 15:26:02

Meniup Mata Saat Kelilipan

Sobat dokterkecil.com, bila mata anak tiba-tiba kelilipan, secara spontan orangtua meminta membelalakkan matanya agar bisa meniup dengan harapan benda asing yang masuk ke mata segera keluar. Padahal, cara ini tak efektif karena debu, pasir, atau benda asing lain yang masuk ke mata mungkin saja masih tetap bersarang di tempat semula.

 

Secara alamiah bila benda asing tersebut tergolong kecil sekali atau sangat halus, secara otomatis mata akan mengeluarkannya bersamaan dengan air mata yang keluar lebih banyak dari biasanya atau cukup dengan mengedipkan-edipkan mata secara berulang. Namun, cara-cara ini tak mempan untuk mengusir benda asing yang agak besar. Padahal kalau didiamkan saja, pastilah mata terasa gatal dan perih yang membuat anak semakin rewel.

 

Cara mengatasi mata kelilipan yang paling penting jangan mengucek-ucek mata, meski sebelumnya sudah cuci tangan. Apalagi bila jari tangannya kotor justru akan menyebabkan iritasi di selaput atau kelopak mata. Benamkan mata ke dalam gelas yang berisi air matang lalu kedip-kedipkan mata selama berada dalam air. Obat tetes mata yang dijual bebas boleh digunakan, asal jangan melebihi tiga kali pemakaian karena dikhawatirkan menimbulkan iritasi berkelanjutan.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Meniup Mata Saat Kelilipan