24/01/2014 15:26:01

Pepaya Kaya Manfaat

Pepaya Kaya Manfaat

 

Sobat dokterkecil.com, siapa yang tidak mengenal pepaya? Pasti semua mengenalnya karena buah pepaya sangat umum di Indonesia. Mau tau apa saja manfaat dari pohon pepaya?

 

Akar

Air seduhan akar dapat memperlancar air seni, juga menghilangkan cacing kremi. Gerusan akar ditambah kapur sirih sedikit dapat berguna sebagai obat luka, koreng, dll.

 

Daun

Bisa dimanfaatkan sebagai lalapan. Jika telah dimasak, dapat memperkuat sekresi empedu, obat mulas, demam. Pucuk daun yang ditumbuk dan diberi air kemudian diperas, airnya dapat meningkatkan nafsu makan, obat beri-beri, bengek. Daun yang tua, juga dikenal ibu-ibu untuk membungkus daging sebelum dimasak, agar lebih empuk.

 

Bunga

Direbus bersama antanan untuk memperbaiki nafsu makan dan membersihkan darah, sakit kuning dan kencing manis.

 

Buah Pepaya Muda

Selain untuk sayur dan tumisan, pepaya muda juga bermanfaat bagi penderita sariawan. Bijinya ditumbuk halus dan ditambah asam cuka dapat mengurangi demam dan flu.

 

Getah Buah Muda

Dapat digunakan sebagai obat luka bakar, penyakit kulit menahun, obat jerawat, meperbaiki pencernaan, dan lain sebagainya.

 

Nah, ternyata manfaat pepaya banyak sekali ya. Jika kita memiliki halaman di rumah kita atau sekolah, yuk kita tanam buah pepaya. Buah ini tidak mengenal musim, dan cara menanamnya pun mudah sekali dengan cara tanam bijinya saja.

 

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Pepaya Kaya Manfaat