24/01/2014 15:26:02

Anak Terlambat Bicara

Anak usia 1,5 tahun, biasanya sudah bisa mengucapkan minimal 5 kata secara konsisten seperti memanggil mama, papa, ini, itu, apa, nggak. Saat memasuki usia 2 tahun anak sudah mampu merangkai kata sederhana.
 

Seorang anak digolongkan terlambat bicara jika umur anak sudah mencapai 2 atau 3 tahun tapi belum juga bisa berbicara dengan lancar atau hanya bisa mengucapkan potongan kata saja.
 

Anak yang mengalami keterlambatan bicara sebenarnya memiliki sosial-emosional dan perkembangan yang normal seperti anak lainnya. Masalah anak terlambat bicara dialami 5-10 persen anak-anak usia prasekolah dan cenderung lebih sering dialami anak laki-laki ketimbang perempuan.
 

Keterlambatan bicara pada anak bisa disebabkan karena mengalami hambatan pendengaran, hambatan perkembangan otak,minimnya komunikasi antara orangtua dengan anak bisa menstimulasi anak untuk memperbanyak kosa katanya. Sayangnya, beberapa orangtua tidak menyadari jika cara berkomunikasi mereka berpengaruh terhadap perkembangan anak.
 

Sobat dokterkecil.com, anak sudah ada gejala keterlambatan bicara, maka sebaiknya konsultasikan anak ke dokter atau psikolog tentang tumbuh kembang anak, berikan anak kesempatan untuk berinteraksi dan bermain dengan teman-teman sebayanya, lakukan stimulasi anak dengan mengajaknya berkomunikasi meskipun anak belum mampu berbicara dengan baik.
 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Anak Terlambat Bicara