24/01/2014 15:26:02

Nyeri Otot Pada Anak

Pernahkah anak merasakan sakit di kaki saat malam hari dan mereda pada pagi hari? Jika hal itu terjadi, bisa jadi anak mengalami growing pains.

 

Growing pains merupakan rasa sakit di kedua tungkai, paha depan, betis, dan area belakang lutut. Rasa sakit umumnya akan timbul saat sore atau malam hari serta mereda di pagi hari sehingga anak bisa beraktivitas seperti biasanya lagi. Meski begitu, kondisi ini bisa mengganggu kualitas tidur anak karena rasa sakit yang timbul di malam hari kerap membuat anak terbangun.

 

Kondisi growing pains tidak disebabkan oleh pertumbuhan anak. Aktivitas seperti melompat, berlari, dan olah raga berlebihan diduga menjadi penyebab munculnya growing pains.

 

Umumnya growing pains dialami oleh anak berusia 2–12 tahun, 25-40% berusia 3–5 tahun, dan antara 8–12 tahun. Meski tidak berbahaya, tapi kondisi ini juga perlu mendapat perhatian dari orangtua. Growing pains sebenarnya merupakan nyeri otot, bukan nyeri atau bengkak di persendian.

 

Untuk mengurangi rasa sakit di kaki lakukan pijatan ringan untuk mengurangi nyeri, regangkan kedua tungkai anak secara perlahan, lakukan pada siang hari dan sebelum tidur, kompres hangat di daerah otot yang nyeri sebelum tidur atau saat anak merasa nyeri. Mandi dengan air hangat sebelum tidur juga membantu.

 

Sobat dokterkecil.com, jika nyeri tidak mereda hingga pagi hari disertai bengkak dan kemerahan di persendian, demam, lemas, dan tidak nafsu makan, segera periksakan anak ke dokter.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Nyeri Otot Pada Anak