24/01/2014 15:26:02

Konsumsi Vitamin Berlebih Risiko Buta

Manusia memerlukan vitamin untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Namun, mengonsumsi vitamin terlalu banyak juga tidak baik bagi kesehatan. Bahkan menurut penelitian, vitamin berlebih dapat meningkatkan munculnya penyakit katarak.

 

Menurut penelitian, vitamin E yang berlebihan bisa meningkatkan 60 persen risiko katarak. Sedangkan vitamin C yang terlalu banyak dikonsumsi juga bisa memicu 20 persen risiko kebutaan. Vitamin E dan C yang kaya antioksidan diduga dapat melindungi mata dari kebutaan dan katarak. Hasil penelitian menunjukkan, kedua vitamin tersebut malah membuat terganggunya keseimbangan protein pada mata dan menyebabkan timbulnya penyakit bila dikonsumsi berlebihan.

 

Sobat dokterkecil.com, tubuh manusia tidak bisa menyimpan dan menghasilkan vitamin C sendiri. Tubuh memperoleh vitamin dari sayuran dan buah-buahan sebanyak 40 miligram sehari. Vitamin C bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan dan menjaga kesehatan sel. Bagi orang yang rutin mengonsumsi suplemen vitamin sebaiknya perhatikan kandungan tiap tabletnya. Jangan sampai kandungannya melebihi batas anjuran harian yang sudah ditentukan para ahli.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Konsumsi Vitamin Berlebih Risiko Buta