24/01/2014 15:26:02

Lebih Sehat Kopi atau Teh?

Sobat dokterkecil.com, minuman wajib setiap hari, teh atau kopi ya? Mana yang lebih baik manfaatnya?

 

Pada umumnya orang sering minum teh sebagai minuman untuk menambah tenaga sehingga wajib diminum sebelum beraktivitas, padahal energi tersebut diperoleh dari kalori gula yang ditambahkan pada teh. Bahkan teh juga sering diminum dengan alasan untuk mencegah sakit mencret atau diare.

 

Teh berasal dari tanaman yang diproses dengan cara tertentu untuk menghasilkan berbagai jenis teh. Tak hanya kopi, teh juga mengandung zat kafein. Bahkan dalam jumlah berat yang sama, daun teh kering mengandung lebih banyak kafein daripada kopi. Namun jumlah teh kering yang dibuat menjadi minuman lebih sedikit dibandingkan kopi, sehingga menyebabkan minuman kopi mengandung lebih banyak kafein. Hampir semua jenis teh mengandung antioksidan namun jumlah terbanyak terdapat dalam teh hijau dan teh putih.

 

Manfaat menkonsumsi teh adalah dapat menurunkan kolesterol jahat, menurunkan risiko kanker liver dan usus, mencegah pembekuan darah, mencegah peradangan dan alergi musiman. Sedangkan, manfaat kopi bagi kesehatan adalah mengurangi risiko penyakit batu empedu dan kencing batu, mengurangi risiko penyakit Parkinson, mengobati sakit kepala,  jika kopi dikonsumsi tanpa gula bisa mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2 hingga separuhnya.

 

Nah sobat dokterkecil.com, teh, kopi sama-sama memiliki kafein. Namun, yang perlu diwaspadai adalah campurannya. Kurangi penambahan gula, krim, atau susu berlemak dalam kopi, karena kalori dan lemak yang tinggi hanya akan menambah berat badan.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Lebih Sehat Kopi atau Teh?