24/01/2014 15:26:02

Paracetamol Obat Ampuh

Demam dan nyeri seringkali menyerang anak-anak. Rasa nyeri ini terkadang membuat anak menjadi rewel. Demam atau nyeri pada anak disebabkan oleh vaksinasi atau infeksi virus seperti influenza, cacar air.

 

Untuk mengatasinya anak sering diberikan parasetamol atau obat pereda demam. Parasetamol merupakan golongan obat bebas yang bermanfaat untuk menghilangkan nyeri dan menurunkan panas pada anak. Parasetamol umumnya manjur, aman, dan baik dikonsumsi pada anak-anak dan orang dewasa saat demam.

 

Sebenarnya parasetamol bukan menghilangkan sumber penyakit. Berdasarkan tingkatan usia masa kanak-kanak, pemberian dosis adalah bayi 1 bulan – 2 tahun dalam bentuk beberapa tetes, usia 1- 5 tahun dalam bentuk larutan atau sirup, usia 5 – 12 tahun dalam bentuk sirup dan usia 7 – 12 tahun obat dalam bentuk tablet.

 

Sobat dokterkecil.com, efek samping penggunaan parasetamol memang lebih rendah. Tapi,terkadang sebagian orang berlebihan mengonsumsi parasetamol untuk meredakan demam dan nyeri. Padahal dosis yang berlebihan bisa merusak hati dan ginjal. Sebaiknya jangan mengonsumsi parasetamol dalam dalam jangka waktu panjang dan dosis yang berlebihan jika tanpa resep dokter.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Paracetamol Obat Ampuh