24/01/2014 15:26:01

Penyakit Saat Puasa

Sobat dokterkecil.com, tidak ada yang meragukan bahwa puasa Ramadhan adalah ibadah yang menyehatkan badan.

Meski puasa merupakan salah satu bentuk terapi kesehatan, namun bila salah melakukannya, beberapa penyakit bisa datang dan mengganggu kenyamanan kita menjalankan ibadah puasa.

 

Pola hidup selama berpuasa dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada sebagian orang. Tak jarang sejumlah penyakit muncul saat awal-awal menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Hal ini karena tubuh perlu melakukan proses adaptasi, dari yang biasa kita makan setiap beberapa jam sekali dan saat puasa kita dipaksa untuk tidak makan selama hampir 14 jam. Gangguan-gangguan penyakit yang biasa terjadi ketika menjalani puasa antara lain:

 

Sembelit

Sembelit adalah gejala sulit buang air besar yang berisiko menyebabkan ambien/wasirdan pendarahan pada lubang anus. Penyebab sembelit umumnya adalah kurangnya makan makanan yang berserat dan kurang minum. Untuk mengatasinya, makanlah makanan yang kaya serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahanserta perbanyaklah minum.

 

Maag

Maag adalah penyakit yang paling sering menyerang saat puasa, di mana terjadi gangguan asam lambung akibat tak adanya asupan makanan selama sekitar 14 jam. Gejalanya: sakit pada ulu hati, mual, dan pusing. Sebagai langkah pencegahan, perbanyak konsumsi makanan mengandung serat saat sahur, sehingga pengosongan lambung berjalan lebih lambat. Kombinasikan dengan karbohidrat kompleks untuk menjaga kecukupan kadar glukosa dalam tubuh.

 

Tekanan darah rendah

Keringat berlebihan, lemas, lesu, kurang tenaga, pusing (terutama saat bangkit dari tempat duduk), muka pucat dan serasa akan pingsan adalah gejala tekanan darah rendah. Gejala tersebut umumnya muncul di sore hari. Untuk mengatasinya, tambahkan porsi minuman dan garam di malam hari dan perbanyak istirahat di sore hari. Bila tekanan darah tetap juga rendah, konsultasi dengan dokter.

 

Gula Darah Rendah

Lemah, pusing, lelah, sulit berkonsentrasi, keringat dingin, gemetar (tremor) dan kurang tenaga adalah gejala kekurangan gula darah. Bagi orang yang tidak menderita diabetes, penyebabnya adalah terlalu banyak konsumsi gula di saat sahur sehingga tubuh mengeluarkan terlalu banyak insulin yang menyebabkan gula darah anjlok. Untuk mencegahnya, makanlah makanan yang kaya karbohidrat dan kurangi makanan dan minuman yang manis di saat sahur.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Penyakit Saat Puasa