24/01/2014 15:26:02

Bahan Kimia Pada Sampo Picu Kanker

Sampo memang dibutuhkan untuk membersihkan rambut dari kotoran atau debu yang menempel di kulit kepala. Tapi tak semua kandungan bahan kimia dalam sampo aman untuk kesehatan. Sebelum membeli sampo, sebaiknya perhatikan kandungan apa saja.

 

Sampo dengan bahan berikut harus dihindari, antara lain:

 

1. Sodium Lauryl/Laureth Sulfate

Waspadalah jika sampo yang digunakan mengandung Sodium Lauryl sebab bahan kimia ini sering digunakan untuk detergen dan bahan pembersih di berbagai industri. Bahayanya, penggunaan bahan kimia ini bisa berubah menjadi zat penyebab kanker.



2. Dietanolamina

Bahan kimia ini juga bisa menjadi pemicu kanker dengan cara bermutasi pada DNA sel tubuh atau secara tidak langsung melalui pembelahan sel sehingga gagal menciptakan sel yang sempurna. Kegagalan itu menyebabkan timbulnya sel kanker.

 

3. Parabens

Parabens juga sering ditemukan dalam kosmetik. Bahan kimia ini bisa menyebabkan timbulnya kanker kulit.

 

4. Formaldehyde

Bahan kimia ini sering dimanfaatkan untuk mengawetkan jenazah sehingga sangat berbahaya jika digunakan. Sampo yang mengandung bahan ini bisa mengakibatkan luka bakar, radang kulit, dan inflamasi.

 

5. Ammonium Lauryl, Laureth Sulfate, dan Ammonium Xylene Sulfonate

Kandungan ketiga zat tersebut dalam sampo berguna untuk membersihkan dan menimbulkan busa. Tapi penggunaan ketiga bahan tersebut dapat membuat rambut menjadi kering. Sebaiknya gunakanlah sampo yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Cek kandungan yang terdapat dalam sampo sebelum digunakan.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Bahan Kimia Pada Sampo Picu Kanker