24/01/2014 15:26:01

Air Kelapa Ampuh sebagai Penawar Racun

Bagi masyarakat Indonesia, meminum air kelapa muda sudah menjadi kebiasaan yang lumrah. Dan ternyata, kebiasaan meminum air kelapa muda itu sangat menyehatkan. Sebab, air kelapa bukanlah sekedar air yang manis dan menyegarkan.

 

Air kelapa muda terdiri atas 95 persen air dan oleh karena itu sangat baik untuk mengatasi keadaan dehidrasi. Perbandingan yang seimbang dari unsur mineral yang terkandung di dalamnya, menyebabkan cairan itu relatif tidak berbahaya dan dapat dikonsumsi sebagai minuman. Air kelapa mengandung 12 macam protein. Beberapa diantaranya adalah alanin, arginin, asam aspartat, asam glutamat, histidin, fenilalanin, tirosin. 

 

Selain itu, air kelapa juga kaya dengan mineral seperti natrium, kalium, kalsium, magnesium, besi, dan tembaga. Tidak ketinggalan vitamin. Ada vitamin C dan 7 macam vitamin B yaitu nikotinik, asam pantotenat, biotin, riboflavin atau B2, asam folat, tiamin atau B1, dan piridoksin atau B6. Air kelapa mempunyai sifat seimbang dan kaya dengan elektrolit. Karenanya, sangat baik diminum ketika tubuh kekurangan elektrolit, misal setelah aktifitas atau olah raga berat. 


Pada kasus dehidrasi, misalnya diare, air kelapa dapat digunakan sebagai cairan pengganti seperti layaknya oralit. Bahkan banyak yang memanfaatkan air kelapa muda sebagai penawar racun dan dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional sekaligus kecantikan. Seperti menghilangkan jerawat, noda hitam dan kerutan dini pada wajah serta kulit kering. 


Sobat dokterkecil.com, air kelapa muda yang dicampur dengan susu amat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan. 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Air Kelapa Ampuh sebagai Penawar Racun