24/01/2014 15:26:02

Tips Menjaga Kesehatan di Sekolah

Sobat dokterkecil.com, sekolah adalah tempat kita belajar dan bertemu teman-teman. Tak jarang dari kita yang lupa untuk menjaga kesehatan karena keasyikan bermain di sekolah. Jauh dari ibu, bukan berarti kita harus melupakan kesehatan kita. Justru dengan tidak adanya ibu di sekolah, kita dituntut untuk belajar hidup mandiri, termasuk dalam mengurus kesehatan.

 

Tidak jarang lho, teman-teman kita yang jatuh sakit ketika sedang berada di sekolah. Sobat dokterkecil.com tidak mau kan, membuat ibu khawatir kalau suatu saat sobat-sobat sendiri yang mengalaminya? Berikut tips menjaga kesehatan anak selama di sekolah:

 

Mencuci tangan

Salah satu alasan utama mengapa kita mudah terkena penyakit adalah karena adanya kontak mata, hidung, tenggorokan dan infeksi kulit yang disebabkan oleh tangan kita yang terkena ribuan jenis bakteri dari teman yang mungkin sedang sakit atau usai menyentuh benda yang tidak bersih. Cuci tangan penting untuk mengurangi perpindahan bakteri tersebut dari tangan ke tangan.

 

Jangan berbagi botol atau sendok

Penularan penyakit bisa disebabkan dari berbagi botol dan sendok dengan teman-teman kita. Ini boleh dilakukan kalau niat kita untuk berbagi kepada teman-teman yang tidak bawa minum atau makan. Tetapi sobat dokterkecil.com harus pandai memperhatikan yang mana teman kita yang sedang jatuh sakit. Menghindari kontak melalui botol atau sendok dengan teman yang sakit juga bisa jadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan kita.

 

Jangan makan junkfood

Jangan malu untuk meminta ibu membawakan bekal untuk makan siang. Makanan rumah akan jauh lebih sehat daripada makanan yang dijual bebas di kantin. Kita tidak tahu bahan-bahan apa yang sebenarnya digunakan oleh pedagang. Kalau bahan dasarnya tidak sehat, akan berdampak buruk juga bagi kesehatan kita.

 

Nah sobat dokterkecil.com, menjaga kesehatan tidak harus selalu dimulai dan dituntun dari orang tua, tetapi juga kita harus pintar mengatur diri kita sendiri untuk hidup sehat.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Tips Menjaga Kesehatan di Sekolah