24/01/2014 15:26:02

Jangan Asal Kompres Anak

Demam merupakan bagian dari respons tubuh dalam mengatasi penyakit. Pada saat demam sebenarnya badan sedang berusaha mengatasi penyakit. Beberapa penyakit yang diawali dengan gejala demam seperti demam berdarah, campak, batuk pilek dalam berbagai tingkat keganasan.

 

Biasanya kompres menjadi pertolongan pertama saat demam melanda. Kompres dipercaya

dapat mengusir demam. Namun jangan sampai niat untuk menurunkan suhu tubuh dengan mengonpres justru malah akan membuat suhu tubuh makin tinggi akibat salah mengompres.

 

 

Turun atau tidaknya demam dipengaruhi banyak hal terutama penyebab demam itu sendiri. Kompres hangat minimal dapat membuat anak lebih nyaman dan hampir 90 persen berhasil menurunkan demam. Akan tetapi sebagian besar ibu salah kaprah dalam mengompres. Kompres yang benar adalah kompres hangat atau air suam kuku. Kompres dengan air dingin hanya menurunkan demam sesaat dan justru akan menimbulkan demam lebih tinggi setelahnya.

 

Mengompres yang benar bukan hanya di kening saja, dengan menghangatkan seluruh permukaan kulit, terjadi pelebaran pembuluh darah sehingga aliran darah bertambah dan panas tubuh makin cepat dibuang ke udara.

 

Sobat dokterkecil.com, mengompres yang benar dapat adalah dengan menyeka seluruh tubuh anak atau dengan cara berendam di air hangat atau air suam kuku. Demam bukan sesuatu yang berbahaya, namun yang perlu diwaspadai sesudah demam berlangsung.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Jangan Asal Kompres Anak