24/01/2014 15:26:01

Tubuh Sehat, Mudik Aman

Sobat dokterkecil.com,  Hari Raya Idul Fitri tinggal sebentar lagi, mudik ke kampung halaman masih menjadi tradisi hingga sekarang. Salah satu hal yang sering terjadi ketika mudik adalah mengenai masalah keselamatan. Karena selalu saja setiap mudik tiba selalu saja ada kecelakaan yang mengikutinya.

 

Tentu banyak faktor yang menyebabkan banyak hal tidak diinginkan terjadi. Namun salah satu yang disorot adalah mengenai kesehatan tubuh para pemudik, karena dampaknya begitu besar terhadap keselamatan jiwa. Ketika tubuh sehat segala sesuatuanya akan berjalan sesuai kontrol dan konsentrasi. Sebaliknya jika tubuh tidak terjaga, ancaman kecelakaan selalu didepan mata.

 

Dampak kesehatan pada arus mudik sangat banyak, misalnya, kecelakaan lalu lintas dan penyebaran penyakit yang berpotensi menimbulkan kejadian luar biasa. Penyakit bisa mudah menyebar karena masyarakat terlalu lelah, stres, dan kurang menjaga kebersihan.

 

Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan, pemudik wajib mempersiapkan mobil atau motornya sejak jauh-jauh hari. Namun yang lebih terpenting adalah menyiapkan kesehatan fisik dan mentalnya. Karena pemudik yang membawa kendaraan dapat lengah, karena kesehatan fisik yang lemah dan kurang fit, atau dalam keadaan sakit, akan sangat berisiko dan bahkan dapat mengundang terjadinya kecelakaan.

 

Selain itu istirahatlah yang cukup, tubuh , tidak sedang demam atau sakit, atau lelah karena kurang tidur. Anda juga tidak dalam kondisi emosional atau marah. Ada baiknya Anda memeriksakan kesehatan terlebih dahulu. Apalagi, jika selama ini Anda memiliki keluhan terhadap penyakit tertentu. Jangan abaikan hal ini, meski Anda merasa sehat dan prima.

 

Nah sobat dokterkecil.com, jangan lupa perhatikan juga bekal makanan dan minuman lebih bagus yang berprotein tinggi atau berkadar air tinggi. Dan kurangi makanan tinggi kalori dan lemak agar stamina selama berkendara tetap terjaga.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Tubuh Sehat, Mudik Aman