14/02/2014 17:46:24
Abu Vulkanik

Gunung Meletus, Waspadai Bahaya Abu Vulkanik

Gunung Kelud di daerah Kediri - Blitar meletus dan mengeluarkan lahar panas. Tak hanya lahar saja, Kelud juga mengeluarkan abu vulkanik yang menyelimuti seluruh wilayah di sekitarnya seperti Klaten, Solo, dan Yogyakarta tertutupi debu vulkanik.

Hujan debu vulkanik yang turun dengan lebat tak bisa diremehkan begitu saja. Karena jika terhirup, debu vulkanik sangat buruk untuk kesehatan. Tak hanya masalah pernapasan, debu vulkanik juga bisa menyebabkan masalah pada kulit dan mata.

Abu vulkano sangat berbahaya pada orang yang memiliki masalah pernapasan, seperti asma, sakit paru-paru, bronchitis atau radang tenggorokan. Gejala ketika menghirup abu vulkanik, adalah iritasi saluran pernapasan dan keluarnya ingus, iritasi tenggorokan, radang tenggorokan, dan batuk kering, sakit pada dada, batuk, napas pendek-pendek, napas berbunyi, dan sesak napas, bernapas menjadi tidak nyaman dan sulit.

Abu vulkanik yang berukuran kecil tak hanya bisa terhirup oleh hidung, melainkan juga bisa masuk ke mata. Abu vulkanik berbeda dengan abu biasa. Abu vulkanik memiliki sudut kristal yang runcing dan sangat mampu menggores serta mengelupas permukaan mata. Hal ini tak hanya bisa menyebabkan mata menjadi iritasi, tetapi juga merusak kornea. Orang yang paling berisiko terkena iritasi jika ada hujan abu vulkanik adalah orang yang memakai lensa kontak. Sebaiknya lepas lensa kontak dan gunakan kacamata untuk melindungi mata.

Ketika ada abu vulkanik yang masuk ke mata, jangan digosok atau dikucek, karena akan semakin memperburuk iritasi serta bisa menyebabkan goresan pada kornea. Selain itu, abu vulkanik juga mengandung zat-zat yang bisa berbahaya untuk kesehatan mata.

Tak hanya pernapasan dan mata, kulit juga bisa mengalami efek buruk ketika terkena abu vulkanik. Meski jarang dan tak selalu dialami oleh semua orang, namun abu vulkanik juga bisa menyebabkan iritasi kulit. hal ini biasanya jika abu vulkanik disertai dengan zat berbahaya, atau karena kulit yang sensitif.

Nah sobat dokterkecil.com, sudah tahu khan efek buruk yang harus diwaspadai ketika ada hujan abu vulkanik. Gunakan perlengkapan kesehatan seperti kacamata, masker, dan baju lengan panjang untuk melindungi kulit dari abu vulkanik.
 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Abu Vulkanik: Gunung Meletus, Waspadai Bahaya Abu Vulkanik