20/02/2014 13:24:44
Amankah Mengonsumsi Makanan Berjamur yang Sudah Dipotong?

Amankah Mengonsumsi Makanan Berjamur yang Sudah Dipotong?

Tumbuhnya jamur pada makanan yang disimpan dalam waktu yang relatif lama seringkali tak dapat dihindari. Meskipun diketahui jamur dapat merusak makanan dan membahayakan tubuh, namun bagaimana jika jamur hanya tumbuh di sedikit bagian makanan? Amankah untuk memotong bagian makanan yang berjamur dan tetap memakannya?
 

Menurut penelitian, memotong bagian yang berjamur dari makanan tetap saja tidak menjadikan makanan aman untuk dimakan. Karena, sejumlah jamur memproduksi dan mengeluarkan racun yang disebut mikotoksin ke dalam makanan yang berpotensi menyebabkan penyakit.

Jamur dapat hidup pada makanan dan membusukkannya. Jenis-jenis jamur yang umumnya tumbuh pada makanan antara lain Penicillium, Aspergillus, dan pada buah, Botrytis. Biasanya, gejala dari keracunan dari makanan yang berjamur tidak langsung terjadi sesaat setelah mengkonsumsinya. Konsumsi yang terus menerus meningkatkan kemungkinan munculnya penyakit seperti kerusakan ginjal, hati, dan sistem imun, sehingga meningkatkan risiko kanker dan penyakit saraf.

Tidak semua jamur pada makanan dapat memproduksi racun dalam jumlah yang membahayakan. Namun, juga sulit untuk membedakan jamur yang berbahaya atau yang tidak. Maka disarankan untuk tidak memakan makanan yang sudah berjamur.
 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Amankah Mengonsumsi Makanan Berjamur yang Sudah Dipotong?: Amankah Mengonsumsi Makanan Berjamur yang Sudah Dipotong?