11/03/2014 00:20:22
Jangan Asal Mencuci Tangan

Ditangan Terdapat Penyakit Berbahaya dan Mematikan

Tangan memang merupakan media penularan berbagai penyakit yang disebabkan kuman. Hanya melalui tangan yang kotor, kuman penyakit dapat dengan mudah berpindah dari satu orang ke orang lain. Misalnya, diare, cacingan, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), TBC, bahkan penyakit mematikan, seperti SARS, flu burung (H5N1) dan flu babi (H1N1).

Namun perhatikan cara mencuci tangan, jangan sekedar membasuh telapak dalam waktu singkat. “Banyak orang dewasa dan anak-anak menganggap tangan hanyalah telapak. Padahal, tangan terdiri dari telapak, punggung, pergelangan, jari, sela-sela jari dan kuku. Di setiap bagian tangan itu ada beragam jenis kuman yang menimbulkan penyakit tertentu.


Oleh karena itu, biasakan menggosok tangan terutama kuku, sela jari dan punggung tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun. Lakukan setiap kali hendak makan, sesudah melakukan aktivitas di toilet seperti buang air besar atau kecil, dan akan menyiapkan makanan.


Meski sangat mudah dilakukan, ironisnya, mencuci tangan sering sekali diabaikan banyak orang dengan beragam alasan. Padahal, kebiasaan sehat itu dapat melindungi kita dari kuman penyebab penyakit yang menempel di tangan loh. Nah sobat Dokterkecil.com rajin-rajin cuci tangan yang benar ya, agar kesehatan tetap terjaga.
 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Jangan Asal Mencuci Tangan: Ditangan Terdapat Penyakit Berbahaya dan Mematikan