01/04/2014 10:57:38
Tidur Siang

Tahukah Kamu?Rahasia Dibalik Tidur Siang

Foto: google

Banyak orangtua kesulitan mengajak anaknya tidur siang. Alasan mereka cukup beragam, mulai dari tidak mengantuk atau masih ingin bermain-main. Ya, bermain bagi anak-anak jauh lebih menarik dari pada tidur siang.

Tidur siang sangat penting bagi seorang anak yang sedang memasuki masa pertumbuhan. Selama tidur, sebenarnya tubuh melakukan banyak hal penting. Seperti saraf-saraf otot akan menyembuhkan diri dari kerusakan setiap hari dan tubuh melepaskan hormon pertumbuhan, sehingga anak berpeluang bertambah tinggi badannya.


Bahkan, suatu penelitian mengungkapkan bahwa anak yang bermain sepanjang hari tanpa tidur siang, tinggi badannya cenderung tidak bertumbuh mencapai puncak optimalnya.
Tidur siang maupun tidur malam bermanfaat untuk memulihkan kondisi anak, baik dari segi fisik, emosi dan kecerdasan anak.


Secara fisik, tidur berperan dalam pertumbuhan otot, tulang dan kulit, perbaikan luka dan menjaga agar tubuh tetap bugar. Selain itu, tidur juga mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh yang memroduksi protein tertentu untuk merespon infeksi dan melawan penyakit.


Perlu sobat Dokterkecil.com ketahui, lamanya tidur siang bervariasi bergantung kebutuhan setiap anak, umumnya berlangsung berkisar 1-3 jam. Yang terpenting adalah kualitas tidur siangnya. Jika benar-benar lelap, waktu setengah jam pun bermanfaat untuk pemulihkan kondisi loh. Yuk kita biasakan untuk tidur siang supaya badan tetap bugar, jangan lupa juga diimbangi dengan minum susu setiap hari ya.
 

 

Dikutip dari bebagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Tidur Siang: Tahukah Kamu?Rahasia Dibalik Tidur Siang