24/01/2014 15:26:01

Kenali Gejala Awal Alergi

Alergi  termasuk gangguan  yang menjadi permasalahan kesehatan penting  pada usia anak. Gangguan ini ternyata dapat menyerang semua organ tanpa terkecuali. Mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki dengan berbagai bahaya dan komplikasi yang mungkin bisa terjadi.

 

Untuk mendeteksi alergi, banyak tahap yang dilakukan. Yang pertama adalah anamnesa, yakni melihat riwayat orang tua, keluarga, kakek-nenek dan riwayat penyakit sering berulang. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang, antara lain skin test allergy, foto rontgen dan pemeriksaan laboratorium. 


Sementara penanganan alergi pada anak memang harus dilakukan secara benar dan berkesinambungan. Pemberian obat terus-menerus bukanlah jalan terbaik. Yang paling ideal adalah menghindari pencetus yang bisa menimbulkan keluhan alergi tersebut. 


Secara teoritis, alergi memang tak bisa dihilangkan, tetapi dapat dijarangkan frekuensi kekambuhannya serta dikurangi beratnya keluhan. Dengan pertambahan usia anak, di usia 6-7 tahun, pencetus alergi makanan biasanya akan semakin berkurang atau hilang. Sayangnya, yang sering terjadi, orangtua justru terus memberikan makanan pencetus alergi pada anak, dengan tujuan agar anak kebal dan tidak lagi alergi. Ini tidak benar dan tidak akan mengurangi gejala alergi, tetapi malah memperberat.

 

Sobat dokterkecil.com, gejala dan tanda alergi dapat ditimbulkan oleh beberapa pencetus atau penyebab, di antaranya: Makanan, biasanyan pada bayi dan anak, makanan merupakan pencetus utama, sedangkan pada orang dewasa, pengaruh makanan semakin berkurang. Bukan makanan, antara lain: Inhalasi atau hirupan baik dari debu karpet, filter AC, serbuk sari bunga tanaman, bulu binatang, kontak sabun, bahan kimia, atau logam, kecoa, kapuk, dan masih banyak lagi yang tidak kita sadari.

 

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Kenali Gejala Awal Alergi