05/05/2014 11:36:43
Uang Kertas

3000 Jenis Mikroba Bersarang Diselembar Uang Kertas

Hai sobat dokterkecil.com, kalian pasti tau dong dengan uang? Ya, uang adalah alat pembayaran transaksi seperti belanja,jajan dan menabung. Setiap hari kita selalu memegang atau mempergunakan uang. Namun tanpa kita sadari, uang yang kita pegang sudah terhinggapi ribuan mikroba dari tangan orang lain ke tangan kita.
 

Sebuah penelitian dari New York University's Center for Genomics and Systems Biology menemukan, selembar uang kertas (dollar Amerika Serikat) dapat mengandung kurang lebih 3.000 jenis mikroba yang berbeda.


Penelitian tersebut merupakan langkah awal dalam mengkategorikan seluruh mikroba di kota New York. Peneliti menjelaskan, kalau uang kertas merupakan sarana umum terjadinya interaksi antara manusia dan mikroba.


Dalam tahap pertama studi tersebut, peneliti mengumpulkan 20 lembar uang kertas dari Februari hingga Juli 2013. Kemudian mereka mengambil sampel mikroba dari permukaan depan dan belakang uang untuk menentukan tipe mikroba apa saja yang hidup di sana.


Mereka menemukan, ribuan mikroba dari mulut, kulit, dan beberapa mikroba yang belum teridentifikasi berada disana. Kemungkinan mikroba yang berasal dari mulut berpindah sewaktu menghitung uang dengan membasahi jari dengan liur. Sebagian mikroba yang hidup dikulit bahkan bisa menyebabkan jerawat.


Dalam tahap kedua, Carlton dan timnya melakukan tes pada 40 lembar uang pada September dan Oktober 2013 untuk melihat apakah mikroba di sana berpotensi untuk menyebarkan infeksi. Hasilnya, ada beberapa tipe mikroba yang ditemukan di tahap pertama studi bisa menyebarkan penyakit, tetapi perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk memastikannya.


Walaupun demikian sobat dokterkecil.com jangan terlalu khawatir dengan uang. Asalkan selalu mencuci tangan setelah memegang uang atau setelah dari toilet, resiko penularan penyakit dari mikroba dapat terhindar.
 

 

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Uang Kertas: 3000 Jenis Mikroba Bersarang Diselembar Uang Kertas