30/06/2014 13:20:20
Ramadhan Sehat

Punya Maag?Hindari Makanan Ini Saat Puasa!

Hai sahabat dokterkecil.com semua,gimana puasa pertamanya kamu semua pasti kuat sampai maghribkan? Dokterkecil.com mau membahas tentang makanan dan minuman yang harus dihindari selama berpuasa bagi penderita maag .
 

Asupan makanan dan minuman harus diperhatikan saat puasa Ramadan tiba, terlebih bagi penderita sakit maag. Ada baiknya bagi pasien untuk menghindari makanan yang menyebabkan atau memperberat gejala sakit maag. Apa sajakah?

Untuk itu hindarilah makanan dan minuman yang banyak mengandung gas. Di antaranya, sayuran seperti sawi dan kol, buah-buahan seperti nangka dan pisang ambon, makanan berserat tertentu seperti kedondong dan buah yang dikeringkan, minuman yang mengandung gas seperti minuman bersoda.

Intinya, hindari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung, antara lain kopi, minuman beralkoho 5 sampai 20 persen, anggur putih, sari buah sitrus atau susu full cream.


Hindarilah makanan yang sulit dicerna, yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Sebab, kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya peningkatan peregangan di lambung, yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung. Antara lain makanan berlemak, kue tar, cokelat, dan keju.

Hindari juga makanan yang secara langsung merusak dinding lambung. Yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas, merica dan bumbu yang merangsang,

Tak hanya itu, kamu pun harus menghindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah, sehingga menyebabkan cairan lambung naik ke kerongkongan. Seperti cokelat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.

Ada juga beberapa sumber karbohidrat yang harus dihindari bagi penderita sakit maag, antara lain beras ketan, mie, bihun, jagung, ubi, singkong, tales, dan dodol.

Kegiatan yang meningkatkan gas di dalam lambung juga harus dihindari setelah berbuka atau saat sahur, antara lain makan permen khususnya permen karet dan merokok.

Nah, sudah cukup jelaskan sahabat dokterkecil.com semua. Semoga bermanfaat ya.







Dikutip dari berbagai sumber.
 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Ramadhan Sehat: Punya Maag?Hindari Makanan Ini Saat Puasa!