24/01/2014 15:26:01

Virus Mematikan Melanda AS

Sobat dokterkecil.com, Amerika Serikat dihebohkan adanya virus mematikan yang telah membunuh dua orang. Sekitar 10 ribu pengunjung Taman Nasional Yosemite di Amerika Serikat dicurigai telah terpapar virus mematikan. Hingga saat ini, belum ada obat yang mampu menangkal daya hancur virus.

 

Virus yang ditandai sebagai HPS itu telah menjalari enam orang dan dua orang meninggal dunia. Otoritas taman nasional menutup lokasi penginapan Signature Tent Cabins di Curry Village, pekan lalu, karena kasus penyebaran virus.

 

Hantavirus Pulmonary Syndrome atau HPS merupakan hanta virus yang menyerang paru. Cara penularan virus Hanta lewat binatang pengerat misalnya tikus, yang virusnya dapat dijumpai dalam urin dan feses binatang tersebut. Manusia dapat terinfeksi melalui inhalasi atau penghisapan, jika seseorang menghirup debu yang tercemar ekskreta dari feses, urin, air liur yang berasal dari tikus terinfeksi virus tersebut.

 

Penyakit HPS pertama kali diidentifikasi pada 1993, ada 60 kasus di California dan 587 kasus nasional di Amerika Serikat, sekitar sepertiga dari kasus tersebut berakhir fatal. Sampai akhir Maret 2004, sebanyak 1.364 kasus HPS telah dilaporkan. Pada beberapa negara di benua Amerika, terbanyak kasus HPS di Argentina dan Amerika Serikat, sekitar 40 %.

 

Gejala pertama biasanya muncul HPS 1 sampai 5 minggu setelah seseorang telah terkena virus. HPS bisa sulit untuk mendiagnosis karena tanda-tanda awal, seperti demam, kelelahan, dan nyeri tubuh, yang mirip dengan flu. Sekitar setengah dari orang-orang yang menangkap HPS juga mungkin mengalami pusing, menggigil, mual, muntah, nyeri perut, sakit kepala.

 

Dari 2 sampai 5 hari setelah gejala pertama, orang yang terinfeksi hantavirus mulai batuk dan sesak napas. Penyakit ini dengan cepat menjadi lebih parah, dan orang-orang yang tidak menerima pengobatan segera dapat menjadi sangat sakit dan membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit. Masa inkubasi HPS biasanya terjadi 9 – 33 hari setelah seseorang terpapar.

 

Sobat dokterkecil.com, untuk sementara ini, tak ada yang bisa dilakukan untuk menangkal virus itu. Namun, perawatan serius bisa meningkatkan peluang untuk bertahan hidup.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Virus Mematikan Melanda AS