24/01/2014 15:26:01

Mandi Kaya Manfaat

Ternyata mandi juga tidak cuma segar tapi juga berkhasiat. Mandi merupakan awal yang penting mengawali hari dengan semangat. Saat mandi pagi, tubuh kita yang masih menyisakan lelah setelah tidur semalaman bisa terasa segar dan siap melakukan aktivitas.

 

Penelitian mengenai mandi bahwa selain untuk membersihkan tubuh ternyata memiliki peranan dalm meningkatkan sistem kekebalan, mencegah penyakit kulit, bahkan untuk menyembukan masalah medis yang serius.

 

Berikut beberapa manfaat mandi bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui, petunjuk mandi asyik dan menyehatkan:

 

1. Mengeluarkan racun.

Mandi air hangat sekitar 32-35 derajat Celsius membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan toksin. Mandi air hangat juga dapat membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkan selama 10-20 menit.

 

2. Meredakan Stress.

Jika anda benar-benar mengalami stress, mandi air dingin akan menjadi jawaban yang tepat. Temperatur yang dianjurkan sekitar 12-18 derajat Celsius. Mandi air dingin sangat baik meredakan ketegangan, sebaliknya dari air hangat karena mandi air dingin dapat mempersempit darah dan meningkatkan tingkat gula darah.

 

3. Mengatasi Penyakit Eksema.

Penyakit kulit tertentu seperti eksema, ruam atau gatal-gatal dengan menambahkan baking soda sodium bicarbonate ke dalam bak mandi dapat membuat perbedaan besar. Sodium bicarbonate bertindak sebagai antiseptik. Isi air dengan air hangat kuku, tambahkan kira-kira satu pound baking soda dan aduk sampai rata. Dianjurkan berendam selama 10-20 menit.

 

4. Menyembuhkan Infeksi.

Infeksi yeast seperti sariawan dapat dibantu dengan menambahkan tiga atau empat cuka dari sari buah apel ke dalam bak mandi. Ini juga baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh karena cuka dapat menyeimbangkan kembali asam. Tambahkan pada air hangat dan berendam selama 15-20 menit.

 

5. Menyembuhkan Flu dan Sakit Kepala.

Merendam kaki dalam air hangat dapat membantu menyembuhkan flu dan sakit kepala dan juga menyegarkan kembali kaki yang lelah. Masukan air hangat secukupnya dalam bak sampai menutupi kaki dan pergelangan kaki tambahkan beberapa tetes minyak seperti lavender, peppermint atau lemon. Setelah selesai basuh dengan air dingin. Lakukan selama 10-20 menit.

 

Wah sobat dokterkecil.com, ternyata mandi pagi tidak hanya sekedar ritual wajib yang biasa dilakukan setiap hari, ya. Di balik kebiasaan ini ada begitu banyak manfaat yang amat berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Sekarang, tidak ada alasan lagi dong untuk malas mandi.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Mandi Kaya Manfaat