15/08/2014 19:46:21
Tips

Obati Luka Ringan Dengan 5 Bahan Ini

Kecelakaan ringan yang menimbulkan luka bisa saja sering sobat Dokcil alami di rumah. Seperti tidak sengaja terkena pisau saat mengiris, jatuh saat berolahraga, atau terkena knalpot yang panas.
 

Umumnya, reaksi yang pertama kali sobat keluarkan adalah panik. Ditambah lagi dengan rasa sakit yang datang karena luka. Nih Dokterkecil.com mau berbagi tips untuk mengobati luka ringan , dan bisa dilakukan perawatannya di rumah atau di luar rumah. Simak baik-baik ya :


1. Bubuk kunyit
Dengan sifat antiseptik yang tinggi di dalamnya, mengusapkan bubuk kunyit di atas luka ringan yang terjadi bisa menghentikan darah yang mengalir karena infeksi. Sifat antiseptik bubuk kunyit ini juga bisa mencegah infeksi yang lebih buruk terjadi.


2. Gula
Asupan gula berlebihan mungkin membahayakan bagi tubuh Anda. Namun gula pasir bisa menyembuhkan luka Anda. Gula pasir akan menyerap air yang ada pada luka. Namun pastikan setelah menaburkannya, Anda membersihkan 15 menit sesudahnya.


3. Madu
Madu bermanfaat sebagai zat antibakteri pada luka. Madu juga mampu mencegah infeksi berkelanjutan dan pembengkakan. Menurut penelitian yang dilansir dari indiatimes.com, luka bakar ringan dapat sembuh selama 11 hari karena madu.


4. Lidah buaya
Lidah buaya atau gel lidah buaya mampu menyembuhkan luka dan lecet. Dengan lembut, oleskan lidah buaya di atas luka.


5. Kantong teh
Kantong teh yang biasanya Anda buang juga bisa menyembuhkan luka Anda terutama luka gigitan. Meletakkannya di atas luka berguna untuk menghentikan aliran darah yang keluar.


Sekian tips dari Dokterkecil.com dalam mengobati luka ringan. Ingat! tak perlu panik, segera lakukan tips di atas untuk mengobati luka dan lecet yang terjadi dan tetap berhati -hati. Salam sehat Dokterkecil.com

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Tips: Obati Luka Ringan Dengan 5 Bahan Ini