20/08/2014 15:32:13
Tahukah Kamu

Masalah Kesehatan Akibat Sering Memangku Laptop

Sobat Dokcil, siapa yang kesehariannya suka mainan laptop? Ternyata Memakai laptop sehari-hari bisa menyebabkan masalah kesehatan kalau penggunaannya salah. Misalnya, laptop terlalu sering dipakai dengan dipangku atau sikap duduk yang kerap membungkuk waktu mengoperasikannya. Semua kebiasaan tersebut memiliki efek samping bagi kesehatan.

Dikutip dari laman Majalah Kesehatan, setidaknya ada emapat masalah yang ditimbulkan dari kebiasaan salah tersebut. Berikut masalah yang bisa terjadi karena memangku laptop :

1. Dermatitis.

Gangguan pada kulit ini terjadi saat laptop dipakai dengan cara dipangku. Akibatnya dapat muncul sindrom kulit terpanggang (erythema ab igne), yang membuat kulit paha seakan coklat terpanggang, berbintik, dan terasa sakit. Sindrom tersebut muncul setelah pemakaian yang lama.

2. Sperma mati.

Ini berhubungan dengan panas penggunaan laptop yang dipangku di sekitar area intim pria. Panas tersebut membuat sel sperma kepanasan dan akhirnya mati. Sangat tidak disarankan terlalu sering memangku laptop waktu digunakan.

3. Nyeri Leher dan Punggung

Pemakai laptop akan mengalami hal tersebut jika disertai dengan sikap duduk yang sembarangan. Pada pemakaian dipangku, tubuh cenderung membungkuk. Nyeri punggung dan leher terasa tatkala otot-otot di tempat tersebut akhirnya kaku karena tidak sering bergerak. Hal ini dapat terjadi pula pada pemakaian laptop di lantai maupun meja jika pengguna cenderung tidak sering menggerakkan tubuhnya.

4. Carpal tunnel syndrome.

Sindrom ini menyebabkan saraf median terjepang di pergelangan tangan karena tekanan berlebihan dalam jangka panjang. Pada pemakaian laptop dimungkinkan terjadi karena ukuran keybord cukup kecil dan penggunaan mouse yang berlebihan. Gejalanya muncul kesemutan, nyeri di pergelangan tangan, hingga mati rasa. Penderita juga sering sulit untuk mengepal dan memegang benda secara kuat.

Nah sobat Dokcil, sudah taukan sekarang bahayanya memakai laptop sehari-hari bagi kesehatan.  Jadi kalau memakai laptop gunakan cara-caranya yang benar ya, supaya kesehatan sobat semua tidak terganggu. Salam sehat Dokterkecil.com.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Tahukah Kamu: Masalah Kesehatan Akibat Sering Memangku Laptop