21/08/2014 21:02:45
Info

Menkes Melarang Perokok Melamar CPNS

Sobat Dokcil, ada kabar buruk nih bagi para perokok, bagi para perokok dilarang melamar menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Ya, ini adalah strategi baru yang diupayakan oleh pemerintah untuk menurunkan jumlah perokok di Indonesia. Pemerintah melarang perokok untuk melamar menjadi CPNS terutama di lingkungan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan pos-pos pekerjaan bidang kesehatan di pemerintah daerah.

Ide pelarangan perokok ini mulanya disampaikan oleh Menteri Kesehatan, Ibu Nafsiah Mboi. Tetapi untuk teknisnya akan dibahas dengan panitia pengadaan CPNS baru. Menkes mengaku geram terhadap komitmen tidak merokok oleh masyarakat Indonesia yang masih lemah.

Padahal cara-cara ekstrim sudah dilakukan. Seperti mencantumkan gambar penyakit-penyakit akibat menghisap rokok di bungkus rokok.

Menkes mengaku prihatin, lantaran para pegawai departemen kesehatan yang mengkampanyekan anti rokok ternyata juga masih merokok. Usulan menolak lamaran CPNS untuk perokok rencananya diterapkan dulu di lingkungan Kemenkes. Kemudian diharapkan menular ke pemerintah daerah yang juga menerima tenaga medis. Meliputi posisi atau formasi dokter, perawat, bidan, dan sejenisnya. Menkes melanjutkan, bahwa peningkatan komitmen tidak merokok itu harus dijalankan keroyokan lintas kementerian. Menurutnya upaya ini tidak bisa dipasrahkan sepenuhnya ke Kemenkes saja.

Selain itu, potensi kebangkrutan system jaminan kesehatan nasional (JKN) juga semakin meningkat akibat semakin tingginya jumlah perokok di Indonesia. Dalam sistem asuransi massal yang dikelola Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan itu, Menkes mengatakan banyak ditemukan kasus penyakit tidak menular. Nah, penyakit tidak menular itu salah satunya disebabkan oleh aktivitas merokok. Uang klaim dari BPJS Kesehatan bisa tersedot habis untuk membiayai pengobatan penyakit-penyakit yang sejatinya bisa dicegah.

 

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info: Menkes Melarang Perokok Melamar CPNS