04/09/2014 18:45:35
Mainan Anak

Keindahan Loom Band Mengancam Kesehatan Anak

Sobat Dokcil, tentunya sejumlah orangtua bangga melihat anaknya mampu merangkai karet warna warni (rubber band) menjadi sebuah loom band yang terlihat menawan bila dikenakan. Padahal, ada kanker dibalik indahnya aksesoris loom band tersebut.
 

Loom bands begitu populer di kalangan anak-anak usia 5 sampai 12 tahun, usia di mana seorang anak duduk di bangku TK sampai SMP. Kerajinan tangan ini memang menuntut seorang anak untuk lebih kreatif, dan sabar dalam mengerjakannya.

Hasilnya pun tak dapat dipandang sebelah mata. Sebab, orangtua tak malu menjepret hasil kerja tangan si buah hati, dan memamerkannya ke jejaring sosial Path, Facebook, Twitter, dan Instagram.

Namun keindahan Loom band kini jadi menakutkan. Setelah dilakukan tes untuk melihat kemurnian kandungannya, British Assay Office menemukan bahwa seluruh produk loom band berisikan zat kimia berbahaya.

Dikatakan juru bicara dari British Assay Office, dalam pengujian itu menunjukkan adanya pemakaian phthalates yang melebihi batas wajar untuk digunakan di dalam produk kerajinan semacam loom band ini. Phthalates memiliki sifat karsinogen dan bisa menyebabkan kanker

Phthalates dapat bermigrasi dari plastik ke dalam tubuh jika mereka terkena air liur dan keringat. Bila itu dibiarkan terus menerus, berdampak pada terjadinya kanker.

Phthalates adalah ester dari asam flatat (atau asam benzene-1,2-dikarboksilat). Umumnya digunakan sebagai plasticzer untuk membuat semua plastik lebih fleksibel dan lebih mudah diproses. Dan paling banyak dicampurkan ke dalam berbagai produk kosmetik, jok mobil dan motor, cat, lem, dan tentunya mainan plastik anak-anak.

Nah sobat Dokcil, semakin berbahaya saja ya mainan anak zaman sekarang. Sobat dokcil harus lebih pintar memilih mainan ya, mana yang baik untuk kesehatan dan mana yang dapat merusak kesehatan. Salam sehat Dokterkecil.com.

 

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Mainan Anak: Keindahan Loom Band Mengancam Kesehatan Anak