08/09/2014 12:32:33
Kesehatan Tubuh

Bahaya Akan Ice Bucket Challenge

Sobat Dokcil semua, kesehatan tubuh haruslah selalu dijaga dengan melakukan pola hidup yang sehat. Semakin berkembangnya jaman, berbagai jenis penyakit bisa mengenai siapa saja tanpa melihat siapa orang itu. Menjadi sehat secara fisik berarti tubuh berfungsi dengan baik, tanpa rasa sakit, ketidaknyamanan, atau kurangnya kemampuan.

Ada salah satu penyakit yang sedang ramai dibicarakan saat ini, yaitu ALS. Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) adalah penyakit neurodegeneratif progresif yang mempengaruhi sel-sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini menyebabkan kemampuan otak untuk memulai dan mengontrol gerakan otot hilang, sehingga pada tahap akhir penderita dapat menjadi lumpuh total.

Nah sobat, akhir-akhir ini banyak masyarakat yang peduli dengan penyakit ini serta penderita ALS membuat suatu gerakan yang dinamakan ice bucket challenge. Ice bucket challenge adalah sebuah gerakan yang dilakukan untuk mengumpulkan dana dari masyarakat dunia bagi para penderita penyakit ALS.

Ice bucket challenge dilakukan dengan cara menumpahkan satu ember es batu atau air dingin di atas kepala secara sekaligus. Namun banyak pihak yang menyayangkan penggalangan dana bagi penyakit ALS menggunakan ice bucket challenge, karena cara ini dinilai dapat mengganggu kesehatan tubuh. Ice bucket challenge bisa benar-benar membunuh seseorang, karena tubuh bisa syok akibat kedinginan yang berlebih dan tiba-tiba.

Syok akibat dingin menyebabkan suplai darah berkurang, otot berkontraksi, denyut jantung naik lalu sesak napas dan bahkan tidak bisa bernapas karena ada penurunan langsung suhu di permukaan kulit.

Penting untuk menjaga kesehatan tubuh dari segala macam penyakit, sehingga ice bucket challenge ada baiknya tidak dilakukan. Sobat semua tetap dapat mengumpulkan dana bagi para penderita penyakit ALS namun tidak dengan cara melakukan ice bucket challenge. Beberapa orang berpendapat bahwa dengan melakukan ice bucket challenge maka akan dapat merasakan sebentar seperti apa rasanya penyakit ALS. Namun, ada baiknya jika sobat Dokcil bijak dalam menjaga kesehatan tubuh, sehingga dapat terhindar dari penyakit ALS.

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Kesehatan Tubuh: Bahaya Akan Ice Bucket Challenge