23/09/2014 18:51:39
Info Kesehatan

Jangan Bersihkan Telinga Pakai Cotton Bud!

Sobat Dokcil, taukan kebanyakan orang menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga. Sejak lama kita memang sudah terbiasa memasukkan cotton bud ke dalam telinga, kemudian mengorek-orek bagian dalam untuk mengeluarkan kotoran telinga. Hingga sekarang masih banyak orang yang percaya bahwa ini adalah kebiasaan yang menyehatkan. Padahal justru sebaliknya.
 

Nih sobat Dokcil kasih tau beberapa alasan mengapa sebaiknya kalian tidak menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga:


1.    Telinga bisa membersihkan diri sendiri


gak seperti kebanyakan bagian tubuh, telinga sebenarnya gak butuh terlalu sering dibersihkan. Telinga bisa membersihkan diri sendiri lho. Hindari memasukkan benda-benda kecil ke dalam telinga, meski itu dilakukan untuk membersihkannya. Banyak orang yang tidak menggunakan cotton bud, tapi juga banyak benda kecil untuk membersihkan telinga mereka. Semua benda itu bisa merusak telinga.


2.    Kotoran telinga sebenarnya menyehatkan


Ketika mengorek telinga menggunakan cotton bud, orang akan merasa senang ketika mendapatkan banyak kotoran telinga yang menempel di sana. Ini karena mereka menganggap bahwa kotoran telinga adalah hal kotor yang harus dikeluarkan dari telinga. Padahal kotoran telinga merupakan minyak yang melapisi telinga bagian dalam dan melindunginya. Kotoran telinga mengandung zat anti bakteri yang mencegah telinga dalam terkena infeksi dan air bisa keluar dengan lebih mudah.


3.    Cotton bud bisa merusak telinga


Setiap kali memasukkan cotton bud ke dalam telinga, kalian tak hanya memasukkan bakteri baru ke dalamnya, tetapi juga mendorong kotoran telinga masuk ke telinga bagian dalam. Bukannya membiarkan kotoran telinga keluar dengan sendirinya, kalian justru mendorongnya masuk ke dalam dan membuat kuman serta bakteri yang ada di dalamnya ikut masuk.


Selain itu, jika cotton bud masuk terlalu dalam hingga menyentuh gendang telinga, ini bisa menyebabkan kerusakan. Gendang telinga adalah bagian yang sangat rapuh sehingga cotton bud bisa menggesek dan menyebabkan kerusakan pada gendang telinga.iiih,,,sereemm…


Itulah sobat Dokcil, beberapa alasan untuk tidak menggunakan cotton bud dalam membersihkan telinga. Telinga kalian akan mengeluarkan kotoran telinga dengan sendirinya. Cotton bud bukannya mengeluarkan kotoran telinga, tetapi justru mendorongnya ke dalam.

 

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.
 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Jangan Bersihkan Telinga Pakai Cotton Bud!