14/11/2014 10:06:55
Info Kesehatan

Cara Mengatasi Dan Mencegah Penyakit Diabetes Pada Anak-anak

Makanan yang manis selalu saja menjadi favorit Sobat Dokcil semua. Sejak mengenal rasa, manis adalah rasa yang disukai anak. Sayangnya, mulai dari minuman, makanan dan cemilan untuk anak yang beredar saat ini selalu mengandung pemanis.

Namun tahukah Sobat Dokcil semua akibat dari makanan yang manis tersebut dapat membahayakan kesehatan anak? serangan penyakit diabetes akan mengintai kita semua.

Melihat orang dewasa yang terkena penyakit diabetes, kita sering merasa kasihan. lalu bagai mana jika penyakit itu terjadi pada anak-anak. Ajarkan anak-anak untuk aktif bergerak. Hindari makanan sembarangan, makan yang jarang terkontrol juga akan mengakibatkan kegemukan. Hal ini Menjadi faktor terjadinya kegemukan pada anak-anak.

Tanda-tanda anak terkena diabetes: 

1.  Anak dapat bertubuh gemuk pada diabetes yang resisten terhadap insulin. 

2.  Anak dapat juga yang bertubuh kurus. 

3.  Sering menderita keram pada perut dan kaki. 

4.  Biasanya anak menjadi sering buang air kecil. 

5.  Anak sering mengompol. 

6.  Sering merasa haus. 

7.  Gangguan nafsu makan. 

8.  Tingkat emosi tinggi dan perilaku pada anak tidak stabil. 

9.  Mempunyai orang tua yang salah satu atau keduanya mempunyai penyakit diabetes. 

10. Sering kali ditemukan pada anak-anak yang mulai dewasa atau mulai puber. 

11. Berat badan anak yang melebihi dari 85% berat badan normalnya. 

12. Pada pemeriksaan kadar dan urine ditemukan peningkatan kadar gula.

 

Cara mengatasinya:

Jika ditemukan tanda-tanda seperti diatas, sebaiknya diperhatikan pola asupan makan Sobat Dokcil semua. Kebiasaan makan-makanan yang salah harus diperbaiki. Ajarkan anak-anak untuk makan secara teratur di meja makan. Makanan yang manis memang sangat digemari. Cemilan yang sekarang dijual harus sering diperhatikan oleh orang tua. Jangan selalu menuruti keinginan anak. Karna variasi makanan sangat diperlukan agar anak-anak menyukai macam-macam makanan.

Bila anak mempunyai kelebihan berat badan, mulailah berusaha untuk menurunkannya.dengan menambah aktivitasnya bergerak, tidak selalu bermain game didepan televisi namun bermain aktif diluar rumah dan juga berolahraga secara teratur. Sehingga berat badan dan kadar gula didalam tubuhnya akan menurun. Bila memang diperlukan berikanlah obat-obatan untuk membantu menurunkan kadar gulanya.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Cara Mengatasi Dan Mencegah Penyakit Diabetes Pada Anak-anak