11/12/2014 10:08:57
Info Kesehatan Makanan

Untung Rugi Makan Bubur untuk Sarapan

Jika di luar negeri sereal sangat populer sebagai menu sarapan, di Indonesia bubur hampir tidak pernah absen dalam menu makan pagi. Tidak sulit menemukan bubur pada pagi hari di restoran-restoran, foodcourt maupun gerobak kaki lima. Apa sih kelebihan dan kekurangan bubur sebagai menu sarapan?

Bubur mudah dicerna. Itu saja, selebihnya cuma masalah selera. Orang Indonesia memang suka bubur. Bagi sebagian orang, bubur terasa lebih nyaman di perut untuk dikonsumsi pada pagi hari. Namun sumber karbohidrat yang sempurna adalah seperti nasi, sereal atau roti sebagai sumber energi untuk memenuhi kebutuhan kalori dari pagi hingga tengah hari.

Tidak semua orang cocok sarapan dengan bubur sebagai menu utamanya lho. Bubur cocok untuk anak-anak yang aktivitasnya tinggi, karena lebih mudah dipecah menjadi gula lalu dibakar menjadi energi.

Orang tua juga cocok sarapan bubur. Tapi kalau orang dewasa, justru lebih membutuhkan sumber karbohidrat yang tidak terlalu mudah dipecah agar gula darah tidak naik terlalu cepat.

Baik buruknya bubur sebagai menu sarapan ditentukan jenis buburnya. Pilihlah komposisi bubur yang paling baik yang mengandung hampir semua komponen yang dibutuhkan dalam menu sarapan.

Contohnya, bubur ayam juga bisa menjadi menu yang sehat asal komposisinya seimbang. Ayamnya tidak hanya sesuwir dua suwir sekedar untuk memberi rasa ayam, tetapi sepotong baik utuh maupun sudah disuwir. Juga harus ada kacang dan daun-daunan yang cukup kalau ingin disebut menu sarapan yang sehat. Jadi tidak sekedar bubur, sebab bubur banyak macamnya.

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan Makanan: Untung Rugi Makan Bubur untuk Sarapan