26/01/2015 15:49:45
Info Kesehatan Makanan

Bahaya Mengkonsumsi Makanan Kaleng Bagi Kesehatan

Makanan kaleng sangat berbahaya bagi kesehatan karena mengandung zat Bisphenol A yang dapat menyebabkan diabetes, serangan jantung, impotensi, dan penyakit hati. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan segar sebagai pengganti makanan kaleng agar kesehatan tetap terjaga.

Gaya hidup masa kini yang sangat mengutamakan kepraktisan memicu perkembangan teknologi yang semakin pesat salah satunya teknologi di bidang kuliner dengan ditemukannya sistem pengalengan yang membuat makanan lebih tahan lama dan dapat terjaga bentuknya. Banyaknya makanan kaleng  yang beredar di pasaran memberikan kemudahan dalam menyimpan dan mengkonsumsi makanan. Namun perlu dicermati bahwa sistem pengawetan ini juga memberikan dampak buruk terhadap kesehatan.

Makanan kaleng mengandung zat Bisphenol A yang digunakan oleh pabrik untuk mencegah karat pada kaleng serta menjaga makanan tetap awet. Konsumsi  Bisphenol A dalam jangka panjang akan menyebabkan resiko terserang penyakit diabetes, serangan jantung, impotensi, dan penyakit hati lebih besar. Ibu yang sedang hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan kaleng karena akan menyebabkan gangguan otak pada bayi yang dilahirkan.

Anda juga perlu mewaspadai kondisi kaleng yang digunakan untuk mengemas makanan. Karena proses distribusi yang panjang, tidak menutup kemungkinan jika kaleng yang digunakan akan mengalami kebocoran yang dapat menjadi jalur masuknya kotoran yang dapat mengkontaminasi makanan. Disamping itu, kebocoran juga menyebabkan tumbuhnya jamur pada makanan. Makanan yang terkontaminasi dan berjamur tentu sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda. Makanan yang diawetkan tentu memiliki tanggal kadaluarsa. Berhati-hatilah terhadap makanan kaleng yang sudah lewat tanggal kadaluarsanya karena selain makanan sudah tidak layak konsumsi, potensi tercemar logam juga sangat besar.

Makanan kaleng memang lebih mudah dikonsumsi karena hanya perlu dipanaskan sebelum siap disantap. Namun apakah sobat Dokcil semua akan menggadaikan kesehatan di masa depan dengan kemudahan di masa kini? Makanan segar tanpa bahan pengawet adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin mengurangi ketergantungan pada makanan kaleng. Meskipun sedikit merepotkan untuk mengolahnya, namun kesulitan tersebut terbayarkan saat Anda menerima manfaatnya. Jadi, ganti makanan kaleng dengan makanan segar agar terhindar dari berbagai macam penyakit di masa depan.

 

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan Makanan: Bahaya Mengkonsumsi Makanan Kaleng Bagi Kesehatan