20/02/2015 09:23:41
Info Kesehatan Makanan

Segudang Manfaat dibalik Rasa Pahit Pare / Peria

Pare atau yang juga memiliki sebutan peria dibeberapa daerah adalah sayuran yang dikenal memiliki rasa yang pahit. Rasa pahit dari pare tersebut bahkan menjadi ciri khas tersendiri yang banyak digemari orang. Namun tahukah sobat Dokcil jika dibalik rasa pahit dari pare tersebut ternyata menyimpan segudang khasiat dan manfaat bagi kesehatan kita? Meskipun pare memiliki rasa sangat pahit, akan tetapi menyimpan antioksidan dan beberapa vitamin esensial.

Manfaat pare bagi kesehatan bisa dikaitkan dengan nilai gizinya. Sayur ini memiliki berbagai macam vitamin dan mineral seperti vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C, kalsium, kalium, seng, zat besi, tembaga dan fosfor.

Kandungan nutrisi Pare

Kalori: Pare menyediakan kalori yang cukup rendah, yaitu satu porsi 100 gram menyediakan hanya 17 kalori.

Vitamin C : Merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yaitu 84 mg untuk setiap porsi 100gr. Hal ini setara dengan 140 % dari Angka Kecukupan Gizi (AKG).

Folat : 100 gram buah segar menyediakan 72 ug asam folat, atau setara dengan 18 % AKG.

Vitamin B : Buah sayur pahit ini juga merupakan sumber vitamin B yang baik, seperti niacin atau vitamin B3, asam pantotenat atau vitamin B5 dan pyridoxine atau vitamin B6.

Mineral: Pare banyak mengandung kalium, fosfor, zinc, zat besi, magnesium, mangan, tembaga, serta mengandung kalsium.

Pare dapat dikonsumsi dengan berbagai macam cara, seperti dibuat jus pare, acar, atau memasukkannya kedalam resep masakan.

Berikut ini khasiat pare untuk kesehatan:

1. Gangguan Pernapasan : Pare segar adalah obat yang sangat baik untuk mengobati masalah pernapasan seperti asma, flu, batuk, dll.

2. Tonik liver : Minum satu gelas jus pare setiap hari untuk menyembuhkan masalah pada liver.

3. Sistem kekebalan tubuh : Rebus daun pare atau buahnya ke dalam air dan minum setiap hari untuk melawan infeksi. Hal ini juga membantu untuk membangun sistem kekebalan tubuh sobat Dokcil.

4. jerawat: Mengkonsumsi pare bisa membantu untuk menyingkirkan jerawat, noda dan infeksi kulit luar. Pare juga berkhasiat untuk mengobati masalah terkait gangguan darah (darah kotor) seperti  bisul, kudis, gatal-gatal, psoriasis, dan penyakit jamur lainnya. Antioksidan dari pare juga berkhasiat untuk anti penuaan. Minumlah Jus pare yang dicampur dengan lemon saat perut kosong setiap hari selama 6 bulan,  atau sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

5. diabetes : Khasiat penting jus pare adalah bisa untuk mengatasi diabetes tipe 2. Hal ini telah lama menjadi bagian dari pengobatan Cina dan India kuno, dan kini sudah dibuktikan oleh penelitian terbaru. Diabetes tipe 2 disebabkan karena ketidakmampuan sel untuk menyerap gula dalam darah akibat produksi insulin yang tidak cukup memadai atau karena resistensi insulin. Untuk kasus kedua, sel-sel tidak dapat menyerap gula karena ketidakefektifan dari insulin yang diproduksi. Penyerapan gula terjadi karena aktivasi AMP(activated protein kinase) dalam sel, dan pare akan mengaktifkan kinase ini sehingga penyerapan gula akan meningkat. Dengan demikian pare berkhasiat membantu mengendalikan diabetes. Jus untuk penderita diabetes : mentimun, apel hijau, pare, seledri, ½ capsicum hijau (paprika). Pare mengandung bahan kimia tertentu yang mirip seperti insulin, yang membantu untuk mengurangi kadar gula darah.

6. Sembelit : Pare membantu pencernaan karena mengandung jumlah serat yang cukup. Dengan demikian limbah bisa dibuang dari tubuh dengan lancar, sehingga akan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan atau masalah sembelit .

7. Ginjal dan kandung kemih : Pare membantu menjaga ginjal dan kandung kemih tetap sehat. Hal ini juga berkhasiat membantu menyembuhkan batu ginjal.

8. Penyakit jantung : Pare sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal ini karena pare bermanfaat untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jahat yang berpotensi menyumbat dinding arteri. Dengan demikian sering makan pare akan mengurangi kemungkinan serangan jantung. Pare diketahui dapat menurunkan kadar gula darah, yang juga diketahui bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

9. Kanker : Pare bisa mencegah perkembangan sel kanker.

10. Metabolisme : Pare mengandung beberapa vitamin B, seperti niacin atau vitamin B3, asam pantotenat atau vitamin B5 dan pyridoxine atau vitamin B6. Semuanya merupakan vitamin esensial yang berguna untuk metablolisme dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Khasiat Pare untuk Kulit  :

Penampilan kulit sobat Dokcil sangat ditentukan oleh apa yang kalian makan. Dengan kata lain, mendapatkan nutrisi yang tepat merupakan syarat untuk memiliki kulit sehat dan bebas kerusakan. Pare adalah pembersih darah alami, yang membantu meningkatkan penampilan kulit. Hal ini akan memberikan manfaat berikut untuk kulit:

11. Mencegah Masalah Kulit : Konsumsi rutin pare membantu menjaga kulit menjadi bersinar dan bebas dari noda. Hal ini juga membantu untuk mencegah jerawat berkat sifatnya yang membersihkan darah.

12. Infeksi Kulit: Pare berkhasiat untuk mengobati penyakit kulit atau infeksi kulit seperti eksim dan psoriasis. Mengkonsumsi jus pare secara teratur akan membantu untuk meningkatkan pemulihan untuk kondisi psoriasis dan infeksi jamur lainnya.

13. Anti Penuaan : Pare mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat. Dengan menghilangkan radikal bebas berbahaya, maka otomatis membantu untuk mencegah kulit keriput dengan cara memperlambat proses penuaan. Hal ini juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet matahari.

14. Penyembuhan luka: Pare membantu mengontrol aliran dan pembekuan darah, sehingga proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat, serta lebih lanjut akan mencegah infeksi.

 

Khasiat Pare untuk Rambut

Selain bermanfaat bagi kulit dan kesehatan, jus pare juga efektif mengobati masalah rambut:

1. Rambut berkilau: Untuk rambut agar berkilau alami, sobat Dokcil bisa mencampur secangkir jus pare segar dengan yoghurt dan oleskan pada rambut. Cuci setelah beberapa lama, dan ini akan membuat rambut menjadi berkilau dan indah .

2. ketombe : Ketombe adalah masalah umum yang sebagian besar disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan polusi. Untuk menangkal ketombe, sobat Dokcil bisa mempersiapkan jus pare dan jinten. Penggunaan rutin akan menyingkirkan ketombe dari rambut sobat Dokcil dalam waktu satu bulan .

3. Rambut pecah-pecah: Anda dapat mengoleskan jus pare untuk rambut pecah-pecah, dan kemudian sisir dengan lembut. Hal ini harus dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

4. Kulit kepala Kering dan gatal  : Untuk mengatasi kulit kepala kering, ambil sepotong buah pare segar, kemudian gosok dan pijat kulit kepala Anda dengan gerakan melingkar. Kemudian bilas rambut dengan air jernih. Untuk mengatasi rasa gatal-gatal, sobat Dokcil bisa mempersiapkannya campuran jus pare dan alpukat atau pisang, kemudian menerapkannya pada kulit kepala. Ini harus dilakukan setidaknya sebanyak seminggu sekali.

5. Rambut Rontok : Jus pare juga bisa membantu untuk mengurangi rambut rontok secara alami. Yang perlu dilakukan adalah mencampur jus pare dengan sedikit gula, dan menerapkan pasta ini pada rambut.

6. Rambut beruban : Buah pahit ini juga dapat mengobati rambut yang beruban prematur. Sobat Dokcil dapat menerapkan jus pare pada helai rambut. Lakukan hal ini setiap sepuluh hari sekali untuk mengurangi pertumbuhan uban.

7. Rambut Berminyak : Peningkatan asupan makanan berminyak bisa menyebabkan akumulasi kelebihan minyak pada rambut sobat Dokcil. Jika memiliki rambut yang berminyak, maka terlebih dahulu harus membatasi konsumsi makanan yang berminyak. Sobat Dokcil bisa menerapkan campuran jus labu pahit dan cuka sari apel untuk menghilangkan kelebihan minyak pada  rambut.

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan Makanan: Segudang Manfaat dibalik Rasa Pahit Pare / Peria