23/02/2015 09:02:40
Info Kesehatan Makanan

Bawang Putih Ampuh Obati Influenza

Bawang putih adalah tanaman dari gen Allium yang memiliki nama Latin Allium sativum L. Bagian tanaman yang digunakan adalah umbinya, biasanya untuk bumbu masakan tradisional. Sama seperti bawang merah keduanya diibaratkan sebagai pasangan serasi yang wajib hadir sebagai penyedap makanan.

Karena lebih sering dijadikan bumbu hanya sedikit orang yang tahu kalau bawang putih, seperti halnya bawang merah juga terbukti mampu mengobati berbagai jenis penyakit. Maka dari itu sangat menarik jika pembahasan mengenai manfaat bawang putih dibahas secara ringkas.

Kandungan Gizi Bawang Putih

Bawang putih mampu jadi obat tradisional karena di dalamnya tertanam banyak zat gizi yang memiliki kemampuan khusus untuk menjaga kesehatan organ dalam tubuh manusia.

Berikut ini daftar gizi pada bawang putih:

Energi

Serat

Gula

Lemak

Protein

Karbohidrat

Thiamin (Vitamin B1)

Riboflavin (Vitamin B2)

Niacin (Vitamin B3)

Vitamin A (Beta-karoten)

Vitamin B5 (Asam pantotenat)

Vitamin B6

Asam folat (Vitamin B9)

Vitamin C

Kalsium

Zat besi

Fosfor

Selenium

Mangan

Seng

Sodium

Kalium

Magnesium

 

Semua nutrisi tersebut nantinya akan diekstrak menjadi khasiat yang begitu menyehatkan tubuh.

Manfaat Bawang Putih

Berikut ini khasiat dari tanaman bawang putih bagi kesehatan manusia:

Diabetes

Penyakit diabetes menyerang seseorang yang kadar gula dalam darahnya terlalu tinggi atau berlebihan. Membiasakan makan bawang putih mentah sangat tepat untuk meminimalisir dan menetapkan jumlah kadar gula dalam darah sehingga masalah diabetes dapat terobati.

Menurunkan Berat Badan

Tahukah sobat Dokcil kalau diet sehat harus disertai konsumsi makanan yang bumbunya adalah bawang putih?

Belum diketahui secara pasti zat apa yang membantu proses penurunan berat badan. Yang jelas bawang putih akan mengontrol berat badan seseorang dalam angka ideal, tergantung juga dari orangnya, ia ingin seimbangkan dengan pola hidup sehat atau tidak.

Melancarkan Peredaran Darah

Sistem peredaran darah dalam tubuh tidak selalu bekerja sempurna, kadangkala ada saatnya melemah karena difisiensi nutrisi tertentu. Oleh sebab itu bawang putih dapat membantu memperlancar sistem peredaran darah ke seluruh tubuh serta membuka pembuluh darah yang tersumbat.

Menyembuhkan Penyakit Kulit

Beragam jenis penyakit kulit dapat merusak penampilan, membuat malu wanita saat mengenakan kaos lengan pendek, dsb.

Menggunakan minyak dari bawang putih mampu mengobati infeksi pada kulit sehingga efeknya kulit jadi lebih halus dan bersih. Dalam pemakaian juga janganlah berlebihan agar suatu saat tidak timbul efek negatif akibat keseringan menggunakan minyak bawang putih.

Mengobati Influenza

Bawang putih menyimpan antioksidan kuat yang berperan dalam meningkatkan performa tubuh dari serangan penyakit, contohnya flu. Jika rutin konsumsi ramuan bawang putih, masalah flu bisa dicegah serta diobati tanpa repot melakukan tindakan medis lain.

Untuk membuat ramuan obat flu dari bawang putih, sobat Dokcil harus mengiris bawang putih, kemudian seduh dalam air panas. Diamkan beberapa saat, lalu saring airnya. Minum ramuan ini dan tambahkan sedikit madu agar tidak terlalu getir rasanya.

Membersihkan Racun

Jumlah racun dalam tubuh bisa terus meningkat sesuai jumlah makanan kurang sehat yang dikonsumsi oleh seseorang.

Jika racun tidak dibiarkan berlama-lama, maka kondisi kesehatan tetap stabil, begitupun sebaliknya. Untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh, sobat Dokcil bisa makan bawang putih mentah beberapa butir. Hal ini juga baik untuk menjaga kesehatan kulit, lebih tepatnya menghambat kulit keriput yang memicu penuaan.

Semua manfaat bawang putih bisa sobat Dokcil rasakan terus menerus jika rutin mengkonsumsinya. Dalam pembahasan tadi terdapat perintah untuk makan bawang putih yang masih mentah, jika tidak suka, sobat Dokcil bisa mengolahnya jadi ramuan obat atau bumbu masakan.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan Makanan: Bawang Putih Ampuh Obati Influenza