25/03/2015 10:02:44
Info Kesehatan

Dampak radiasi Wi-Fi terhadap Kesehatan

Teknologi Wi-Fi sangat memudahkan kita dalam segala urusan komunikasi, dan sepertinya sudah tak terlepas dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun, apakah sobat Dokcil tahu risiko yang berhubungan dengan penggunaan teknologi ini terhadap kesehatan?

Dampak kesehatan yang berhubungan dengan paparan radiasi Wi – Fi

Dibandingkan dengan orang dewasa, anak-anak lebih rentan terhadap semua radiasi. Hal ini karena anak-anak tumbuh lebih cepat, lebih banyak pembelahan, sehingga radiasi memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengganggu proses ini.

Masalah Kesehatan Terkait dengan Wi – Fi

Apakah sobat Dokcil tahu bahwa ternyata juga ada efek samping yang berbahaya dari router Wi-Fi di dalam rumah sobat Dokcil ? Perangkat Wi–Fi bisa berpotensi bahaya karena memaparkan Radio Frequency . Saat ini, banyak rumah, kafe, sekolah, kantor , dll, yang menawarkan koneksi Wi–Fi. Ada banyak kasus orang yang mengeluh tentang masalah kesehatan karena penggunaan teknologi Wi–Fi hampir di mana-mana. Ada kondisi yang disebut dengan hipersensitivitas elektromagnetik (EHS), yang disebabkan karena paparan Internet nirkabel atau perangkat lain yang memancarkan radiasi radio frequency (RF).

Ada banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui efek radiasi dari Wi–Fi, namun tidak ada bukti konklusif yang mendukung bahwa radiasi dari Wi–Fi memang berbahaya.

Menurut Health Protection Agency (HPA) , jumlah radiasi yang diserap seseorang selama  satu tahun di hotspot Wi–Fi, sama dengan jumlah radiasi dari panggilan ponsel selama 20 menit. Dari fakta ini, Anda bisa melihat bahwa jumlah radiasi yang diserap seseorang dari sekitar hotspot Wi–Fi tidak cukup tinggi. WHO telah menyimpulkan bahwa bukti mengenai paparan medan elektromagnetik tingkat rendah yang ada saat ini tidak membahayakan kesehatan. Hal ini mungkin telah membuat sobat Dokcil berpikir, bahwa tidak banyak yang  harus khawatir tentang radiasi Wi-Fi. Namun, banyak orang yang telah melaporkan tentang kasus EHS.

Hipersensitivitas elektromagnetik

Teknologi Wi–Fi telah dikaitkan dengan EHS. Ada kasus di mana anak-anak sekolah di Kanada, dan staf yang pekerja di perpustakaan nasional Perancis mengeluh tentang menderita efek paparan Wi–Fi. Seorang dokter wanita juga didiagnosis dengan hipersensitivitas elektromagnetik bila terkena medan listrik rata-rata 60 Hz . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek mengalami gejala seperti sakit kepala, otot berkedut, dan nyeri temporal.

WHO telah mengakui bahwa ada beberapa efek samping bagi kesehatan akibat paparan EMF. Hipersensitivitas elektromagnetik adalah suatu kondisi di mana seorang individu bisa mengalami gejala seperti sakit kepala, pusing, insomnia, jantung berdebar-debar, akibat paparan teknologi nirkabel atau perangkat listrik. Kondisi ini bisa berkembang setelah bertahun-tahun terkena paparan radiasi dari sumber-sumber seperti Wi – Fi, telepon seluler, telepon nirkabel, medan magnet listrik, menara BTS, dan medan listrik dari berbagai perangkat elektronik lainnya. Meskipun EHS adalah kondisi yang belum diakui dengan baik, namun hal itu adalah masalah yang sedang berkembang. Ada langkah-langkah tertentu yang bisa Anda ambil untuk mengurangi paparan radiasi berbahaya dari perangkat elektronik.

Apa Yang bisa kita Lakukan untuk Mencegah Paparan Radiasi?

Ada langkah-langkah tertentu yang dapat diambil oleh sobat Dokcil untuk mengurangi jumlah paparan radiasi dari Wi–Fi dan perangkat elektronik lainnya:

  1. Jangan menggunakan ponsel secara langsung saat berbicara, sebaiknya menggunakan headset.
  2. Hindari menggunakan ponsel untuk jangka waktu yang lama.
  3. Jika memungkinkan, gunakan SMS untuk komunikasi.
  4. Hindari mengaktifkan router Wi-Fi, ponsel, atau perangkat elektroniklainnya 24X7 nonstop.
  5. Bila menggunakan router Wi–Fi, pastikan untuk menjaga jarak minimal 1 meter dari perangkat.
  6. Jangan menempatkan laptop Anda secara langsung di pangkuan, letakkan di permukaan seperti meja.
  7. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa perangkat nirkabel dapat mengganggu alat pacu jantung, jika jarak antara keduanya adalah 8 inci atau kurang. Oleh karena itu, individu dengan alat pacu jantung harus menghindari menggunakan gadget nirkabel dekat-dekat dengan mereka.
  8. Solusi terbaik untuk menghindari paparan Wi–Fi adalah dengan menggantikan router Wi–Fi Anda dengan satu kabel.

Ini adalah tentang Wi–Fi dan hubungannya dengan masalah kesehatan. Belum banyak bukti yang mendukung, bahwa efek Wi–Fi berbahaya bagi kesehatan. Dan studi jangka panjang masih dibutuhkan untuk menunjukkan bukti yang konklusif. Tapi untuk sementara ini, kita bisa mengambil tindakan pencegahan untuk mengurangi paparan radiasi.

 


Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Dampak radiasi Wi-Fi terhadap Kesehatan