13/04/2015 17:41:45
Info Kesehatan

Tips Alami Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

Insomnia atau penyakit susah tidur adalah hal yang sering mengganggu seseorang secara umum. Insomnia kadang terjadi karena adanya stress atau bahkan pola hidup yang tidak teratur. Dalam jangka pendek mungkin tidak apa-apa bagi penderita insomnia, namun dalam jangka panjang tentunya akan bisa berbahaya bagi sobat Dokcil semua .

Insomnia atau kurang tidur dapat menyebabkan sobat Dokcil kekurangan darah karena sirkulasi darah menjadi tidak teratur. Sehingga hal tersebut juga akan berpengaruh dengan kerja otak yang tidak bekerja secara efektif. Adanya gangguan pada kerja otak secara otomatis dapat berpengaruh pula pada kerja organ lainnya seperti pencernaan, pernafasan, dan juga hal lainnya.

Oleh karena itu begadang atau insomnia harus diatasi dengan cepat. Maka dengan cara di bawah ini sobat Dokcil dapat mengatasinya.

1. Olahraga teratur.

Beberapa penelitian menyebutkan berolahraga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolahraga, kesehatan sobat Dokcil menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stres yang muncul dengan lebih baik.

2. Tidur sangat baik untuk kesehatan, ini membantu tubuh cepat pulih dari rasa lelah dan capek dari aktivitas sehari-hari. Usahakan agar tempat atau kamar tidur dibuat senyaman mungkin, hindari laptop atau gadget lainnya dari tempat tidur, dan usahakan agar kamar sobat Dokcil tenang, dan matikan lampu saat tidur.

3. Mengatasi Insomnia bisa juga dilakukan dengan mengikuti pola tidur alami, dan malam hari adalah waktu alami untuk seseorang tidur dan jangan terlalu banyak tidur di siang hari, karena bisa menyebabkan sobat Dokcil kembali susah tidur pada malam harinya. cobalah ikuti aturan alami tubuh, yaitu tubuh akan mulai tertidur di malam hari.

4. Sobat Dokcil harus menerima bahwa kita butuh tidur delapan jam dalam sehari, jangan memotong waktu tidur, karena dalam jangka panjang akan merusak pola tidur sobat Dokcil.

5. Jangan memaksakan untuk tidur, tidur itu alami dan mudah. jika sobat Dokcil memaksakan untuk tidur, malah akan merasa cemas dan akhirnya tidak bisa tidur. Pergilah ke tempat tidur, berbaring dengan tenang dan sobat Dokcil akan mengantuk dengan sendirinya.

6. Siapkan untuk tidur, sobat Dokcil harus mempersiapkan diri untuk tidur agar mata segera merasa mengantuk. Jika hanya pergi ke tempat tidur dan tidak berniat untuk tidur, insomnia tidak akan teratasi.

7. Memanjakan diri dalam beberapa kegiatan relaksasi, seperti membaca buku yang bagus atau mendengarkan musik sebagai awal untuk tidur.

8. Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat sobat Dokcil terjaga, seperti teh, kopi, alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan mata terjaga yang tentu saja tidak diperlukan bila ingin tidur.

9. Mengatasi Insomnia bisa juga dengan mengatasi masalah yang dihadapi. sebuah masalah hidup bisa mengganggu tidur, karena akan selalu terbawa dipikiran ketika ingin tidur.

10. Konsultasikan dengan dokter

Jika tidur sobat Dokcil terus-menerus terganggu, kadang-kadang mungkin merupakan gejala dari penyakit fisik seperti tekanan darah tinggi sakit,, bernapas masalah atau masalah jantung.

11. Jernihkan pikiran

Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran lewat media blog.

12. Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari.Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur sobat Dokcil selanjutnya.

Terima kasih telah membaca  Tips Alami Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi sobat Dokcil semua.

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

 

 

 

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Tips Alami Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur