23/04/2015 17:30:13
Info Kesehatan

Benda-Benda di Rumah Paling Berkuman

Kuman memang ada dimana saja, baik di rumah, sekolah, kantor, maupun di tempat-tempat umum. Bahkan di beberapa bagian tubuh kita biasanya merupakan sarang dari kuman itu sendiri.

Kuman memang dapat memberikan bahaya berupa penyakit, maka tidak heran sudah banyak cara yang dilakukan untuk menghindari kuman itu sendiri, seperti menggunakan anti bakteri. Nah taukah sobat Dokcil bahwa rumah yang bersih pun memiliki banyak kuman? Dan kira-kira benda-benda apa saja yang ada di dalam rumah yang ternyata memiliki banyak kuman? Berikut adalah ulasannya :

1. Spons

Spons disini adalah yang sering digunakan untuk mencuci piring. Spons yang biasa kita gunakan untuk mencuci piring ternyata terbukti mengandung bakteri seperti slmonella, influensa, virus penyebab sakit perut dan virus-virus lainya. Pengunaan spons yang mengandung banyak bakteri bisa menyebarkan bakteri ke perabotan lain yang terkena spons tersebut. Untuk itu sobat Dokcil harus rutin mengganti spons yang digunakan, lalu jangan lupa gunakanlah sabun anti bakteri.

2. Sabun Batangan

Sabun yang notabenya merupakan alat yang kita gunakan sebagai alat kebersihan ternyata merupakan salah satu sumber kuman. Sabun batang sangat rentan menjadi media pertumbuhan jamur dan bakteri dikarenakan sabun batangan tidak langsung mengering pasca digunakan. Jadi lebih aman jika menggunakan sabun cair.

3. Sikat Gigi

Sikat gigi juga dapat menjadi tempat kuman jika terus-menerus terkontaminasi oleh kuman. Ditambah lagi dikat gigi disimpan di kamar mandi yang notabenya merupakan tempat yang lembab. Untuk itu sangat disarankan untuk mengganti sikat gigi sobat Dokcil secara rutin, karena jika tidak, maka bukannya membersihkan gigi, akan tetapi malah menginfeksi.

4. Handuk

Handuk sangat dapat menjadi media untuk pertumbuhan jamur dan bakteri pada handuk yang jarang dicuci datau diganti minimal di jemur. Sehingga jamur dan bakteri mudah berkembang biak di handuk.

5. Remote TV

Karena remote tv sering dipegang oleh orang banyak dan juga mudah terkontaminasi oleh debu, kuman, dan bakteri, maka wajar jika remote tv dapat menjadi media pertukaran kuman dan juga remote tv biasanya sangat jarang dibersihkan.

6. Helm

Helm adalah salah satu benda yang hampir setiap hari kita gunakan namun jarang sekali kita membersihkanya. Helm jarang sekali terkena sinar matahari dan juga sering ditinggalkan dalam kondisi lembab. Helm merupakan tempat yang dapat menjadi media bagi kuman untuk tumbuh subur.

7. Gunting Kuku

Gunting kuku ternyata juga merupakan salah satu benda yang dapat menjadi media pertukaran bakteri, hal ini dapat terjadi karena gunting kuku sering dipakai banyak orang. Untuk itu berhati-hatilah dalam menggunakan gunting kuku karena sangat berbahaya jika benda yang memiliki banyak kuman tersebut terkena bagian tubuh yang terluka.

8. Earphone

Penggunaan earphone menyebabkan terkumpulnya bakteri di dalam telinga. Sebaiknya minimalisir penggunaan earphone atau anda dapat mengolesinya dengan antiseptic sebelum digunakan.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Benda-Benda di Rumah Paling Berkuman