27/04/2015 12:07:41
Info Kesehatan

Tips Agar Terhindar dari Bahaya Nyamuk Malaria

Malaria adalah salah satu dari jenis penyakit menular dan disebabkan oleh parasit (plasmodium) yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles, dan menginfeksi sel-sel darah merah. Penyakit malaria ini kebanyakan menyerang penduduk yang berada di daerah tropis dan subtropis. 

Penyakit Malaria ini ditularkan oleh nyamuk yang membawa parasit yang menyebabkan malaria. Media utama yang menjadi penyebar penyakit ini yaitu nyamuk Anopheles betina. Nyamuk ini terinfeksi oleh parasit plasmodium dari gigitan yang dilakukan terhadap seseorang yang sudah terinfeksi parasit tersebut. Nyamuk tersebut akan terinfeksi selama satu mingguan hingga waktu makan selajutnya.

Pada saat makan, maka nyamuk ini menggigit orang lain sekaligus menyuntikkan parasit plasmodium ke dalam darah orang tersebut sehingga orang tersebut akan terinsfeksi malaria. Apabila nyamuk pembawa parasit ini menggigit anda, parasit dapat masuk ke dalam darah. Selanjutnya parasit tersebut bertelur, yang kemudian akan berkembang, melakukan replikasi sehingga menjadi banyak, dan parasit tersebut hidup dari sel darah anda sampai anda menjadi sakit. Jika tidak dilakukan pengobatan malaria dengan benar dan tepat, maka malaria dapat sangat fatal sehingga berakibat pada kematian seseorang.

 

Berikut adalah tips agar kita bisa terhindar dari bahaya akibat gigitan nyamuk Penyebab Malaria :

 

1. Menghindari gigitan nyamuk

Menghindari gigitan nyamuk diantaranya adalah tidur memakai kelambu, memasang korden pada jendela atau tempat tidur, menggunakan obat nyamuk, memakai obat oles anti nyamuk, pasang kawat kasa pada ventilasi, menjauhkan kandang ternak dari rumah, dan mengurangi berada di luar rumah pada malam hari. Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami lain seperti kulit jeruk atau lavender untuk mencegah gigitan nyamuk.

2. Hindari tempat kotor

Hindari tempat-tempat yang lembap dan kotor atau penuh genangan air. Itu adalah tempat yang sering menjadi sarang nyamuk. Yang terpenting, hindari tempat-tempat tersebut saat sore hari dan petang karena nyamuk paling aktif pada jam-jam tersebut.

3. Membersihkan lingkungan

Membersihkan lingkungan, dapat dilakukan dengan cara menimbun genangan air, membersihkan lumut, gotong royong membersihkan lingkungan sekitar, mencegahnya dengan kentongan.

4. Pengobatan pencegahan

Pengobatan pencegahan, yaitu 2 hari sebelum berangkat ke daerah malaria, dengan pemberian obat yaitu minum obat doksisilin 1 x 1 kapsul / hari sampai 2 minggu setelah keluar dari lokasi endemis malaria.

5. Menebarkan pemakan jentik

Menebarkan pemakan jentik, yaitu menekan kepadatan nyamuk dengan menebarkan ikan pemakan jentik. Seperti ikan kepala timah, nila merah, gupi dan mujair.

6. Tempat sejuk

Nyamuk malaria tak tahan dengan suhu yang dingin, sehingga berada di tempat yang dingin secara alami akan menjauhkan Anda dari nyamuk malaria. Jika berada dalam ruangan, tak ada salahnya menyalakan AC untuk mencegah nyamuk malaria menggigit.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari malaria serta gigitan nyamuk malaria. Selain cara di atas, selalu perhatikan kebersihan lingkungan dan rumah agar tidak dijadikan tempat berkembang biaknya nyamuk tersebut, sehingga dapat membahayakan kesehatan kita ya Sobat Dokcil.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Tips Agar Terhindar dari Bahaya Nyamuk Malaria