29/04/2015 11:31:15
Info Kesehatan

10 Tips Alami Mengobati Gusi Berdarah

Gusi Berdarah adalah permasalahan penyakit yang ringan namun apabila diabaikan dan dianggap remeh dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius. Untuk itu apabila gusi sobat Dokcil sering berdarah segera obati sehingga tidak menimbulkan komplikasi yang lebih berbahaya. Gusi berdarah biasanya disebabkan karena adanya kesalahan penghapusan plak gigi pada garis gusi, sehingga menyebabkan radang gusi atau gingivitis.

Plak gigi yang tidak dihilangkan secara teratur atau dengan menyikat gigi, akan mengeras dan berkembang menjadi karang gigi. Hal ini merupakan pemicu pendarahan atau bahkan lebih parah lagi menyebabkan penyakit rahang dan gusi yang sering dikenal sebagai periodontitis. Agar sobat Dokcil tetap sehat, dibawah ini merupakan beberapa tips mengatasi dan menyembuhkan Gusi Berdarah yang bisa sobat Dokcil lakukan:

1. Air Lemon

Air perasan lemon bisa digunakan untuk berkumur. Kandungan air lemon memang memiliki kandungan yang bisa membunuh kuman dalam mulut sehingga memang sangat berkhasiat dalam mengobati gusi berdarah dan bengkak. Gunakan perasan air lemon untuk berkumur 2 sampai 3 kali sehari selama beberapa menit.

2. Daun dan Akar Serai

Ada juga cara mengobati gusi berdarah dan bengkak dengan menggunakan 15 gram akar dan daun serai. Lalu ditambah juga dengan 20 gram kunyit. Lalu direbus menggunakan 500cc air yang sudah dicampur dengan garam secukupnya. lalu rebus hingga menguap dan tersisa 200cc dan minum air larutan itu.

3. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh memiliki sifat antibakteri sehingga efektif untuk mengobati penyakit gusi. Minyak cengkeh juga memiliki efek anti-inflamasi dan akan membantu mengurangi rasa sakit. Encerkan minyak cengkeh dengan minyak zaitun kemudian oleskan pada gusi menggunakan jari.

4. Daun Jarak dan Kapur sirih

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu hanya dengan merebus 1 sendok kapur sirih dan 5 lembar daun jarak menggunakan 4 gelas air dan menggunakan airnya sebagai obat kumur.

5. Jus stroberi dan lemon

Sejumlah besar vitamin C terkandung dalam stroberi. Vitamin C dikenal ampuh mengobati infeksi. Perasan lemon juga dikenal mampu membantu mengobati infeksi. Blender 3-4 stroberi kemudian campur dengan satu sendok makan perasan lemon. Gunakan campuran stroberi dan perasan lemon untuk menyikat gusi. Gunakan sikat gigi yang lembut lantas bilas dengan air.

6. Yoghurt putih polos

Yoghurt putih dapat membantu membunuh bakteri di mulut. Makanlah yoghurt putih dan gosokkan sedikit pada gusi.

7. Virgin coconut oil atau minyak vitamin E

Virgin coconut oil dan minyak vitamin E ampuh membunuh bakteri dan umum digunakan untuk mengobati berbagai infeksi. Gosokkan sedikit virgin coconut oil atau minyak vitamin E pada gusi.

8. Bawang putih

Bawang putih dikenal memiliki efek antibiotik untuk melawan infeksi gusi. Perbanyak konsumsi bawang putih atau suplemen bawang putih untuk membantu melawan infeksi gusi secara alami.

9. Larutan Air Garam

Selain menjadi salah satu cara untuk mengobati sakit gigi karena berlubang dan mengobati mencret atau diare, larutan air garam juga dipercaya bisa menjadi salah satu cara mengobati gusi berdarah dan bengkak. Sobat Dokcil hanya perlu membuat larutan air garam menggunakan satu sendok makan garam yang dicampur dengan segelas air hangat lalu aduk merata. Untuk menggunakannya cukup digunakan sebagai obat kumur beberapa menit dan dilakukan beberapa kali dalam sehari.

10. Tawas

Ambil 10 gram tawas bersih dicampur 300cc air biasa dan sedikit pepermint oil dapat digunakan untuk obat kumur-kumur jika gusi bengkak.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: 10 Tips Alami Mengobati Gusi Berdarah