11/05/2015 12:13:24
Info Kesehatan

Menangis Itu Sehat. Benarkah?

Waktu kecil mungkin kita berpikir, saat menangis air mata kita akan kering dan habis. Tapi pernah nggak terpikir, jika tiap tetes air mata yang kita keluarkan justru memiliki manfaat untuk kesehatan. Nggak percaya? Ini buktinya, kalau air mata kita nggak pernah sia-sia diteteskan.

Jadi, jika sobat Dokcil merasa ingin menangis setelah peristiwa bahagia atau mengalami kejadian yang berat, biarkan saja air mata itu mengalir, jangan ditahan. Tapi bukan berarti juga harus sering menangis. Menangislah ketika sobat Dokcil tidak lagi mampu menahan beban dan rasa sakit emosional terutama setelah pengalaman traumatis.

Inilah alasan medisnya, kenapa menangis itu sehat:

1.  Melepas Stres

Menangis membantu meluruhkan hormon stres atau bahan kimia negatif di dalam tubuh. Hormon stres ini dikeluarkan dari tubuh melalui air mata. Studi ini menemukan air mata yang muncul dari kejadian sedih atau sakit hati banyak ditemukan di hormon berbasis protein dan hormon adrenocorticotropic. Semua hormon ini biasanya keluar sebagai respons terhadap stres. Itulah kenapa setelah menangis orang cenderung merasa lebih baik. Setelah menangis orang juga cenderung mengambil napas dalam-dalam yang berefek mengurangi stres.

Meningkatkan Mood

Air mata bahagia ternyata bisa meningkatkan mood.

Teori lain ditemukan bahwa kadar magnesium yang rendah yang terbuang saat menangis akan membuat mood yang tinggi. Perlu sobat Dokcil ketahui, terlalu banyak mangan dalam tubuh bisa menyebabkan kegelisahan dan gangguan emosi. Karena air mata banyak mengandung kadar magnesium, maka ketika menangis akan mengurangi kadar mangan dan suasana hati jadi positif.

Melegakan Perasaan

Perasaan negatif jika dibiarkan menumpuk akan menyebabkan gangguan mental seperti depresi. Menangis bisa membantu melampiaskan emosi-emosi yang mendalam, yang membuat sobat Dokcil merasa lebih baik.

Melepaskan tumpukan emosi dengan menangis bisa membuat badan lebih enak dan menjauhkan sobat Dokcil dari pemicu penyakit kronis seperti diabetes atau peradangan.

Melepaskan Hormon Bahagia Endorfin

Selain olahraga dan tertawa, hormon bahagia endorfin juga bisa keluar saat sedang menangis. Endorfin bersifat analgesik atau menghilangkan nyeri. Ketika menangis, endorfin yang keluar bisa mengurangi rasa sakit fisik.

Bagus Untuk Cuci Mata

Air mata mengandung lysozyme, enzim yang dikenal dengan sifat antibakteri. Nah, airmata yang keluar bisa menghentikan bakteri yang menyebabkan infeksi mata. Air mata yang keluar secara refleks karena terpapar asap, debu, atau terkena bawang bisa membantu melindungi mata dari bahaya bakteri atau mencegah iritasi. Intinya air mata menjaga mata aman dari ancaman lingkungan sekitar.

Menghapus Racun

Sebuah studi menemukan air mata emosional yang muncul dari kesedihan mengandung banyak bahan kimia beracun. Keluarnya air mata bisa menghapus penumpukan kimia alias menghapus racun.

Menurunkan Tekanan Darah

Pelepasan emosi yang terjebak setelah menangis membuat orang merasa lebih baik. Kondisi yang lebih baik ini tentu saja menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Menangis juga membantu dalam mengurangi denyut nadi yang tak beraturan.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Menangis Itu Sehat. Benarkah?