12/06/2015 16:52:04
Info Kesehatan

Tips Membersihkan Karang Gigi Secara Tradisional

Penampilan seseorang dapat dipengaruhi oleh keindahan dan kesehatan giginya, oleh karena itu kesehatan dan keindahan gigi perlu dijaga dengan baik. Gigi yang terlihat bersih, putih, indah, dan sehat tanpa masalah tentunya akan memberikan tampilan senyum yang indah dan meningkatkan kepercayaan diri kita. 

Dalam istilah kedokteran karang gigi juga biasa disebut plak gigi yaitu semacam kotoran yang menempel pada gigi yang timbul akibat adanya sisa-sisa makanan yang melilit pada gigi. Karang gigi yang dibiarkan dapat menyebabkan gigi menguning dan susah untuk dibersihkan, bahkan dapat memicu gangguan gigi dan mulut lainnya seperti gusi berdarah, bau mulut, serta gigi menjadi mudah tanggal. Hal itu dapat merusak dan mengganggu keindahan tampilan senyum sobat Dokcil. Untuk itulah, Dokcil akan memaparkan beberapa cara membersihkan karang gigi secara tradisional alami agar bisa diterapkan oleh sobat Dokcil semua.

Cengkeh

Cengkeh telah lama dikenal sebagai campuran ramuan untuk menghilangkan karang gigi sejak dulu oleh nenek moyang kita. Kebiasaan orang tua mengunyah atau menggosok-gosokkan cengkeh dicampur dengan daun sirih merupakan cara mereka untuk menghilangkan karang gigi secara alami. Hal ini terbukti efektif membersihkan karang gigi bahkan seluruh gigi tanpa perlu menggosok gigi. Selain itu efek positif yang bisa sobat Dokcil dapatkan adalah nafas yang lebih segar tercium dari mulut setelah melakukan kebiasaan ini.

Biji asam kawak

Sobat Dokcil mungkin sedikit asing dengan biji asam kawak karena jarang orang yang menggunakan asam kawak sebagai obat penghilang karang gigi. Biji asam kawak ini terbukti efektif dalam menghilangkan karang yang menempel pada gigi tersebut. Sobat Dokcil bisa mengambil beberapa biji asam kawak, sangrai lalu tumbuk halus. Setelah halus, dapat menggunakannya sebagai campuran pasta gigi ketika hendak menggosok gigi.

Bersiwak

Bersiwak merupakan cara Islami yang alami untuk membersihkan dan memutihkan gigi. Bersiwak bisa dilakukan dengan menggunakan serat atau akar batang dari tumbuhan. Cara siwak ini telah diperkenalkan sejak dulu oleh Nabi Muhammad SAW bahkan disunnahkan untuk dilakukan. Bersiwak ini sama halnya dengan menggunakan benang gigi. Namun efek yang didapat lebih bersih dan menggunakan bahan herbal. Sobat Dokcil bisa membeli serat akar atau batang tumbuhan ini di toko-toko yang menyediakan khusus untuk bersiwak. Jika sobat Dokcil menerapkan siwak ini secara teratur makan karang pada gigi akan hilang secara alami.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Tips Membersihkan Karang Gigi Secara Tradisional