15/06/2015 17:33:21
Info Kesehatan

Mengapa Menguap Seringkali Menular?

Apakah sobat Dokcil pernah melihat seseorang yang menguap, kemudian secara tak sengaja ikut menguap juga? Jika iya, tentunya sobat Dokcil sepakat dengan kemungkinan bahwa menguap seringkali bisa menular dari satu orang ke orang lain.

Menguap adalah tindakan refleks yang terjadi pada semua orang, biasanya dilakukan untuk menghirup udara dalam jumlah banyak dan diikuti dengan pernapasan. Tindakan refleks ini seringkali dikaitkan dengan stres, kelelahan, terlalu banyak kerjaan, kebosanan dan mengantuk. Menguap juga bisa terjadi bila ada kelebihan karbondioksida atau kelangkaan oksigen dalam aliran darah.

Studi terbaru menunjukkan menguap bukan saja sebagai tanda seseorang ingin tidur. Tapi tujuan menguap untuk mendinginkan otak sehingga dapat beroperasi lebih efisien dan membuat seseorang tetap terjaga.

Tapi kenapa ketika seseorang menguap yang melihatnya juga ikut menguap? Penyebab menguap itu menular karena dipicu oleh mekanisme empatik yang berfungsi untuk menjaga kewaspadaan kelompok. Karenanya menguap adalah tanda empati.

Penyebab lain menularnya menguap karena aktifnya sistem saraf cermin (mirror neurons system) yaitu neuron yang terletak di bagian depan setiap belahan otak vertebrata tertentu.

Mekanisme Menguap

Ketika ada seseorang di samping kita menguap, tanpa disadari kita ikut menguap. Ketika duduk-duduk santai di tempat umum seperti taman, bangku pusat perbelanjaan, atau bahkan dalam bus, kita kadang menguap hampir bersamaan dengan orang yang duduk di sebelah kita. Bahkan sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa menguap juga dapat menular antarsimpanse.

Sebetulnya, apakah yang dimaksud dengan menguap, mengapa orang menguap, dan mengapa menguap itu menular? Menguap merupakan refleks pernafasan untuk menarik lebih banyak oksigen ke dalam aliran darah. Biasanya kita menguap tanpa disadari. Menguap kadang dikaitkan dengan seseorang yang lelah, tapi kelelahan tidak selalu menjadi penyebab menguap. Orang menguap bisa karena berbagai alasan, termasuk stres, kebosanan, emosi , dan kelelahan. Menguap merupakan sinyal sudah waktunya untuk tidur. Atau seseorang yang menguap ketika mereka bosan dapat menjadi tanda untuk mengubah topik pembicaraan. Pernahkah sobat Dokcil memperhatikan bahwa menguap tampaknya menular? Jika salah satu orang menguap, ini tampaknya menyebabkan orang lain menguap. Para peneliti menemukan bahwa 40-60% dari orang yang melihat orang menguap akan ikut menguap sendiri. Bahkan membaca kata menguap dapat membuat orang menguap.

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Mengapa Menguap Seringkali Menular?