17/06/2015 16:33:48
Info Kesehatan

Tips Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa

Persiapan apa yang sudah sobat Dokcil lakukan sebelum memasuki Ramadhan tahun ini? Apakah sudah cukup bekal pengetahuan untuk melaksanakan ibadah-ibadah Ramadhan dengan sehat? Kesehatan yang terjaga sepanjang waktu adalah bekal utama agar kita dapat melaksanakan rangkaian kegiatan selama bulan Ramadhan, yang mungkin oleh sebagian orang dikatakan cukup berat. Berpuasa di bulan Ramadhan bukan alasan untuk bermalas-malasan sehingga produktivitas menurun, justru produktivitas di bulan Ramadhan harus ditingkatkan dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah kita.

Berikut adalah tips agar puasa tetap sehat yang dapat sobat Dokcil lakukan selama bulan Ramadhan :

1.  Makan Makanan yang bergizi, yaitu makanan harus mempunyai komposisi 50% karbohidrat, 10-15% protein, 25% lemak serta vitamin dan mineral yang proporsional. Untuk makanan sebaiknya pilih makanan yang alami, misalnya karbohidrat diperoleh dari nasi, kentang, jagung atau mie. Protein diperoleh dari daging, ikan, tahu, tempe, dan lain-lain. Lemak dapat diperoleh dari kelapa, lemak hewan, dan lain-lain. Vitamin dan mineral bersumber dari sayuran dan buah-buahan seperti bayam, kangkung, pepaya, wortel, pisang, apel, jeruk dan lain-lain.

2.  Minum air putih  yang cukup saat sahur dan berbuka puasa, yaitu sekitar 2 liter air per hari (kurang lebih 10 gelas).

3.  Saat sahur, sebaiknya makan secukupnya, jangan terlalu kenyang. Sahur dianjurkan dilakukan di akhir waktu. Makanan yang dikonsumsi saat sahur tidak hanya sekadar praktis, tapi juga makanan bergizi, yang mengandung lima unsur zat gizi yaitu: protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Selain itu, pada saat sahur perlu mengkonsumsi makanan yang berserat yakni sayuran dan buah untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

4. Saat berbuka puasa, hendaknya dimulai dengan menikmati minuman hangat dan makanan ringan yang manis, seperti buah kurma atau kolak. Makan dilakukan secara bertahap dan tidak langsung makan dalam porsi yang besar dan terburu-buru. Bagi orang gemuk hindari berbuka puasa dengan makanan yang tinggi kolesterol dan kurangi makanan yang manis-manis. Sebaiknya lebih banyak konsumsi sayuran dan buah serta kurangi makanan yang digoreng. Bagi yang terlalu kurus perlu menambah porsi susu dan hindari makanan yang sulit dicerna seperti sayuran berserat kasar (daun singkong, daun pepaya).

5.  Untuk mencegah sembelit sebaiknya sayur dan buah dikonsumsi setiap hari. Dengan mengonsumsi makanan yang berserat dan minum air atau jus buah, akan menghindari timbulnya sembelit atau susah buang air besar yang tentu bisa sangat menyebalkan.

6. Jika perlu, konsumsi suplemen/multivitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang siap menyerang.

7.  Istirahat yang cukup, terutama bagi anda yang melakukan kegiatan atau rutinitas padat setiap harinya.

8. Lakukan olahraga ringan seperti, bersepeda, jalan santai atau jogging secara teratur selama 15 – 30 menit setiap hari agar tubuh tetap fit. Waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan Ramadhan adalah beberapa jam (1-2jam) menjelang berbuka puasa.

9. Jagalah kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Saat menjalankan puasa, kegiatan makan dan minum berhenti total sehingga produksi kelenjar air liur di mulut berkurang dan mulut menjadi asam dan berbau. Karena itu, dianjurkan untuk segera menggosok gigi setelah makan sahur agar sisa-sisa makanan tidak membusuk di rongga mulut.

Demikianlah tips agar puasa kita di bulan Ramadhan kita tetap sehat dan juga berkualitas. Hidup sehat dan teratur tentu akan menambah kualitas hidup kita, termasuk dalam menjalankan ibadah berpuasa ya sobat Dokcil.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Tips Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa