19/06/2015 17:20:50
info Kesehata Makanan

Tips Memilih Makanan Sehat Saat Berpuasa

Ketika puasa, tubuh perlu nutrisi yang cukup agar mampu menjalankan aktivitas sehari-hari. Bagi sebagian orang mungkin  mementingkan hal tentang menu makan saat berpuasa tidak terlalu diperhatikan, akan tetapi memilih menu makan yang tepat di bulan puasa terutama saat sahur akan membuat puasa kita tidak terganggu oleh lemas atau  ngantuk. Untuk membuat tubuh kita merasa tetap sehat dan segar saat berpuasa, tentunya kita harus pintar memilih menu makan yang tepat.

Berikut adalah tips makan sehat selama puasa Ramadhan :

Minum 2 Liter Air Sehari

Saat berpuasa, tubuh kita kehilangan banyak cairan. Dampak dari kurangnya cairan selama siang hari akan berpengaruh pada kulit. Karena itu, usahakan agar Anda meminum air mineral dalam asupan yang mencukupi pada saat sahur dan berbuka puasa. Masalah umum yang biasa terjadi saat puasa adalah dehidrasi. Jika tidak ingin mengalami hal serupa, coba konsumsi makanan yang banyak mengandung air, minum 2 liter air per hari, dan hindari minuman yang membuat dehidrasi, seperti kopi dan minuman bersoda.

Pilih Menu Makanan yang Tepat

Makanan utama untuk sahur adalah yang cukup akan kandungan karbohidrat dan protein, dengan tambahan menu lauk pauk yang cukup akan kandungan gizi dan vitamin yang baik seperti ikan dan daging. Karena karbohidrat dan protein sangat berguna untuk menambah energi kita dalam berpuasa. Mengonsumsi makanan atau minuman manis memang dianjurkan saat buka puasa agar dapat mengembalikan gula darah dan tenaga dengan cepat. Namun, jangan asal memilih makanan dan minuman manis.

Makanan yang dikonsumsi saat sahur tidak hanya sekadar praktis, tapi juga makanan bergizi, yang mengandung lima unsur zat gizi yaitu: protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Selain itu, pada saat sahur perlu mengkonsumsi makanan yang berserat yakni sayuran dan buah untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Yang penting dilakukan saat sahur adalah tidak makan yang berlebihan dan hindari makanan yang terlalu manis. Kadar gula tinggi akan menyebabkan gula darah naik, hal ini akan menyebabkan perut terasa lapar terus menerus dan badan terasa lelah karena pancreas bekerja keras menghasilkan insulin untuk menekan gula darah ke level normal. Jadi, minuman yang baik saat sahur adalah jus buah tanpa tambahan gula.

Konsumsilah karbohidrat kompleks saat berpuasa, yaitu bahan makanan yang terbuat dari gandum utuh, seperti gandum, beras merah, tumbuhan polong/kacang-kacangan. Konsumsi juga makanan yang berserat tinggi untuk mencegah sembelit.  Berbuka puasa dapat dimulai dengan menikmati minuman hangat dan makanan ringan yang manis, seperti buah kurma atau kolak. Makan dilakukan secara bertahap dan tidak langsung makan dalam porsi yang besar dan terburu-buru. Bagi orang gemuk hindari berbuka puasa dengan makanan yang tinggi kolesterol dan kurangi makanan yang manis-manis. Sebaiknya lebih banyak konsumsi sayuran dan buah serta kurangi makanan yang digoreng. Bagi yang terlalu kurus perlu menambah porsi susu dan hindari makanan yang sulit dicerna seperti sayuran berserat kasar (daun singkong, daun pepaya).

Makan malam setelah Sholat Magrib dan Tarawih dianjurkan mengandung protein tinggi, yang bisa didapat dari daging sapi tanpa lemak, dada ayam dan ikan. Untuk cara memasaknya, lebih baik dilakukan dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang dengan sedikit minyak. Sebaiknya hindari goring-gorengan atau makanan yang berminyak, karena akan mengganggu pencernaan dan penumpukan kalori berlebihan di dalam tubuh kita.

Hindari  makanan cepat saji atau junk food. Makanan cepat saji atau makanan olahan bisa diperoleh dengan mudah, namun hampir tidak ada nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, sobat Dokcil jangan malas memasak makanan sendiri di rumah selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Demikianlah tips mengenai makanan sehat selama bulan Ramadhan. Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi sobat Dokcil yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini ya.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
info Kesehata Makanan: Tips Memilih Makanan Sehat Saat Berpuasa