26/06/2015 00:47:22
Info Kesehatan

Sehat Dengan Berolahraga Ketika Berpuasa

Jika kita sedang menjalankan puasa, olahraga mungkin akan terdengar melelahkan. Saat berpuasa, akan terjadi penurunan metabolism tubuh secara alami, hal ini terjadi karena asupan nutrisi dari makanan dan minuman yang kita konsumsi terbatas. Namun, dengan tetap melakukan kegiatan olahraga saat berpuasa ternyata dapat memberikan manfaat baik bagi tubuh kita. Berolahraga dapat mengubah cadangan energi atau lemak dalam tubuh menjadi glukosa, yang akan mengusir rasa lesu, malas, dan mengantuk.

Agar dapat melakukan olahraga yang baik saat puasa, perlu ditunjang dengan persiapan mulai dari menu sahur yang tepat. Pilihlah makanan kaya serat dan tinggi protein, sebagai persiapan energi untuk berolahraga dan berpuasa selama satu hari. Olahraga yang baik saat puasa adalah olahraga yang dapat meningkatkan kebugaran. Dan waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa adalah pagi atau sore hari, yaitu sekitar satu atau dua jam sebelum buka puasa atau pagi setelah sholat shubuh. Di bawah ini adalah beberapa jenis olahraga yang baik dilakukan saat puasa :

Yoga

Saat puasa, yoga membantu pikiran tetap sehat, bugar, dan tenang. Yoga merupakan olahraga peregangan otot yang dikombinasikan dengan pengaturan nafas. Olah raga yoga ini termasuk ringan dan tidak harus mengeluarkan banyak keringat, sehingga menjadi olah raga favorit saat sedang berpuasa.

Jogging ringan

Waktu yang baik untuk Jogging ringan adalah sore hari, sambil menunggu waktunya berbuka puasa selama 20-30 menit. Durasi olahraga saat puasa memang harus dikurangi porsinya, bahkan hingga 50% dari durasi biasanya ketika tidak puasa.

Bersepeda

Bersepeda 30 menit setelah sahur, baik untuk kesehatan, karena makanan belum lama diproses menjadi energi. Selain pagi hari, bersepeda dapat dilakukan sore hari sebelum berbuka puasa. Lakukan kegiatan ini selama 20-30 menit.

Aerobik

Aerobik merupakan suatu aktivitas fisik yang menggunakan oksigen sebagai sumber energi dan dilakukan dengan gerakan yang seimbang dan berulang-ulang. Olahraga ini sangat baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, dan ini bisa dilakukan secara efektif tanpa harus melakukan berolahraga berat dan berkeringat. Lakukan olahraga ini setelah shalat Subuh atau sore hari menjelang berbuka puasa.

Demikianlah beberapa jenis olahraga yang dapat sobat Dokcil lakukan ketika menjalankan puasa di Bulan Ramadhan. Namun, perlu diperhatikan jika selama berolahraga sobat Dokcil sampai merasakan gelap berkunang-kunang, kemungkinan gula darah turun. Atau jika sudah lama tidak buang air kecil, dan urine terakhir kental dengan warna kuning pekat, bibir dan lidah kering, serta kelopak mata cekung, kemungkinan sobat Dokcil mengalami tanda awal dehidrasi. Maka, dianjurkan untuk tidak melanjutkan latihan fisik atau berolahraga.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

 

 

 

 

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
Info Kesehatan: Sehat Dengan Berolahraga Ketika Berpuasa