06/07/2015 23:19:17
info Kesehata Makanan

Buan-buahan yang Baik Dikonsumsi Saat Berpuasa

Agar stamina tubuh tetap terjaga, tubuh harus memiliki asupan nutrisi yang sehat dengan komposisi yang tepat. Kebutuhan nutrisi tersebut salah satunya bisa kita peroleh dari buah-buahan. Buah-buahan mengandung serat dan mineral yang dibutuhkan tubuh ketika menjalankan puasa. Saat berpuasa dianjurkan banyak mengkonsumsi buah-buahan untuk menjaga tubuh tetap bugar. Selama lebih dari 14 jam tidak mendapat asupan nutrisi, sedangkan tubuh tetap beraktivitas dengan beragam kegiatan. Maka, dianjurkan agar sobat Dokcil menyertakan buah-buahan dalam daftar menu saat berbuka dan sahur. Buah yang baik dikonsumsi saat berpuasa antara lain:

Kurma

Kurma mengandung nilai energi sangat tinggi, serta mengandung komponen gizi lain yang cukup baik. Kurma juga merupakan makanan paling kaya akan kandungan gula glukosanya. Glukosa dalam kurma yang kita santap saat berbuka akan dengan cepat berubah menjadi fructose, kemudian langsung diserap melalui sistem pencernaan untuk menyirami dahaga tubuh akan energi. Penyerapan gula kurma di dalam tubuh juga cukup cepat, sekitar 45-60 menit, bila dibandingkan daya absorbsi pati pada nasi yang memerlukan waktu berjam-jam. ltulah sebabnya kurma merupakan makanan yang sangat baik untuk berbuka puasa karena dapat menyuplai asupan energi secara cepat.

Pepaya

Pepaya adalah buah yang kaya serat, dan juga memiliki kandungan zat-zat yang membantu mencerna makanan lebih optimal. Selain dikenal sebagai buah yang baik untuk proses pencernaan, pepaya sangat baik dikonsumsi saat berpuasa karena mengandung mineral yang cukup tinggi. Komposisi mineral yang terkandung dalam pepaya seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, seng, dan selenium sangat baik bagi tubuh. Selain itu, pepaya kaya akan vitamin C yang membantu menjaga daya tahan tubuh. Pepaya juga bagus bagi anda yang berniat puasa tapi terhalang kendala sakit maag, karena daging buahnya yang halus dan cairannya, membantu agar lambung tidak nyeri saat mencerna makanan.

Pisang

Pisang merupakan salah satu yang bagus juga dikonsumsi saat berbuka puasa, karena pisang kaya akan karbohidrat yang tersusun dalam zat pati dan zat gula. Kedua zat ini sangat dibutuhkan tubuh untuk cepat menggantikan energi saat berbuka, serta pisang bisa membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh, sehingga pisang sangat cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang berpuasa. Selain mengandung vitamin A yang baik bagi tubuh, pisang juga mengandung kalium dan natrium, serta mineral yang baik untuk relaksasi otot.

Mangga

Mangga sangat bagus dikonsumsi saat berpuasa karena buah yang satu ini dapat menjadi sumber energi, serat dan vitamin. Karbohidrat yang terkandung di dalam buah ini menjadi penghasil energi yang dapat segera digunakan oleh tubuh. Selain itu mangga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A,vC dan B kompleks yang sangat baik untuk tubuh. Untuk orang yang sedang berpuasa, minum jus buah mangga bisa mengurangi dehidrasi.

Jeruk

Dalam menjaga tubuh agar tetap sehat, sebaiknya kita memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh, yaitu salah satunya dengan cara mengkonsumsi buah jeruk. Buah jeruk juga bisa merangsang kekebalan tubuh, membersihkan lendir ditenggorokan dan rongga hidung akibat influenza, terutama di musim pancaroba yang menyebabkan badan menggigil tiap kali sahur.

Apel

Apel banyak mengandung vitamin A, B dan C. Buah apel bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mengatasi masalah nafsu makan yang terlalu besar. Selain praktis karena bisa dimakan langsung beserta kulitnya, apel juga termasuk buah yang disarankan untuk dikonsumsi ketika sahur.

Blewah

Blewah adalah buah yang banyak mengandung vitamin A. Blewah juga berkhasiat untuk meredam rasa mual disaat puasa, yang bisa diakibatkan stress, kelelahan, perjalanan jauh, atau konsumsi makanan-makanan yang tidak bersahabat dengan lambung. Rasa manis pada belewah mempunyai fungsi absorpsi atau melakukan penyerapan pada usus yang sering diakibatkan makan tergesa-gesa sehingga makanan tidak terkunyah dengan baik.

Demikianlah ulasan mengenai buah-buahan yang baik dikonsumsi ketika menjalankan puasa di bulan Ramadhan. Tapi ada hal yang perlu diingat ya sobat Dokcil, yaitu bagi yang mempunyai masalah lambung sensitif sebaiknya berhati-hati dalam memilih buah. Pilihlah buah yang sudah matang dan manis rasanya, jangan yang masih muda dan berasa masam, karena dapat menimbulkan rasa sakit dan membuat masalah pada lambung.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

Redaksi: [email protected]
Informasi Pemasangan Iklan: [email protected]
info Kesehata Makanan: Buan-buahan yang Baik Dikonsumsi Saat Berpuasa